Bingung memilih Blogspot atau Wordpress

Menulis di blog adalah suatu hal yang mengasyikan bagi MinSea. Karena apa yang ada dipikiran kita dapat tersalurkan dengan baik. Apalagi sampai tulisan kita dibaca dan dinikmati oleh orang banyak. Bangganya, senangnya, bahagianya bukan main. 

Namun, belakangan MinSea bimbang dengan platform buat ngeblog. Saat ini memang paltformnya adalah Wodpress. Cuma beberapa waktu belakangan agak kecewa dengan pelayanan Wordpress yang kadang error atau pun juga lambat. Bukan salah Wordpress-nya memang, tapi salah provider hostingnya. Atau mungkin salah saya karena memilih hosting yang murah. 

Harus diakui memang, Wordpress sangat poweful untuk membuat website atau pun blog. Karena fitur yang disediakan sangat beragaman. Sehingga, optimasi SEO dan menciptakan blog dengan tampilan yang menarik akan sangat mudah. 

Tetapi karena masalah di atas tadi, membuat saya untuk berpikir kembali menggunakan blogger seperti dulu. 

Sebelum menulis artikel ini, MinSea banyak melakukan riset untuk menentukan apakah akan kembali ke Blogspot atau stay di Wordpress. Banyak pertimbangan yang dilakukan.

Optimasi SEO

Optimasi SEO adalah alasan yang dipertimbangkan apakah akan pindah platform atau tidak. Karena Wordpress sendiri memiliki banyak fitur yang mendukung untuk optimasi SEO. 

Misalnya, plugin Yoast SEO yang berfungsi untuk memaksimalkan SEO off-page dan on-page. Selain itu sesuai pengalaman proses indexing di Google Search Console, Wordpress jauh lebih cepat dibandingkan Blogspot. Hanya dalam waktu hitungan jam atau mungkin menit, artikel kita sudah bisa tampil di Google. 

Tapi banyak yang menyangkal akan hal ini. Katanya untuk kecepatan indexing Google tergantung situsnya. Apakah baru atau sudah lama. Kalau lama akan jauh lebih cepat daripada yang baru. 

Bisa jadi benar ya. Karena waktu di blogspot masih situs blog yang baru. Jadi mungkin itu yang menyebabkan lama di index Google. 

Yang di pikiran MinSea sekarang adalah apakah ketika blog ini pindah ke Blogspot akan mengalami masalah yang sama seperti di awal dulu atau tidak. Itu yang jadi masalah sekarang.

Biaya hosting

Wordpress adalah platform untuk blogging yang memerlukan hosting untuk bisa meluncur di dunia maya. Untuk menyewa hosting kita harus mengeluarkan biaya yang bisa dibilang tidak murah. Agar mendapatkan layanan hosting yang prima kita harus mengeluarkan uang yang setara dengan kualitas hosting yang kita beli.

Berapa sih layanan hosting?

Untuk langganan MinSea saat ini adalah sekitar 15 ribu perbulan. Tergolong murah memang. Hanya saja jika ditotal dengan harga domain saya rasa cukup mahal untuk saat ini. 

Lho kan ada layanan hosting yang murah banget. Kok gak pake itu aja?

Memang ada provider yang memberikan layanan hosting yang cukup murah. MinSea juga sedang menggunakan hosting murah tersebut untuk blog satunya. Hanya saja, kurang begitu percaya dengan layanan ini, karena tidak cukup terkenal. Apalagi data yang disimpan di hosting tersebut adalah data yang sangat penting. Jadi harus pikir-pikir lagi deh.

Untuk menikmati layanan Blogspot kita tidak memerlukan hosting. Karena hosting langsung ikut dengan Google. Kecepatan tak perlu diragukan lagi. Terjamin aman. 

Pengalaman

Pertimbangan selanjutnya adalah pengalaman memindahkan Wordpress ke Blogspot. Kalau sobat KawanDigi, pasti akan sangat mudah menemukan tutorial tentang cara migrasi dari Blogspot ke Wordpress. Hal tersebut adalah suatu hal yang lumrah dan jamak ditemukan saat ini.

Berbeda halnya ketika sobat mencari tutorial cara migrasi dari Wordpress ke Blogspot. Ada, tapi sedikit. Karena mungkin ini sejenis downgrade. 

Mimin sendiri hanya berpengalaman memindahkan platform dari Blogspot ke Wordpress, tidak pernah kalau pola sebaliknya. 

Nah, inilah yang menjadikan mimin bimbang saat ini. 

Terus jadinya pindah apa gimana min? kok gantung? gak jelas nih?

Untuk itu jawabannya mungkin butuh waktu. Kamu tinggal tunggu info-info selanjutnya. Melalui artikel ini MinSea hanya curhat dan bercerita terkati kegalauan hari ini. 

Terima kasih sudah membaca. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url