5 Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Setelah Wisuda Lulus Kuliah

Wisuda lulus kuliah adalah momen penting yang diidam-idamkan oleh setiap mahasiswa. Momen ini menjadi penanda bahwa studi kamu telah selesai dan berhak menyandang gelar di ujung nama kamu. Kebahagiaan menjadi perasaan yang lazim ditemukan bagi seroang wisudawan saat wisuda tiba. 

Wisuda berguna untuk merayakan kelulusan kamu secara seremonial. 

Namun, banyak yang menyangka bahwa wisuda menjadi akhir dari segala penderitaan selama kuliah. Padahal justru setelah wisuda, tantangan yang dihadapi jauh lebih nyata. Sehingga perlu persiapan yang jauh lebih matan untuk menghadapi masa-masa setelah wisuda.

Seringkali, lulusan setelah wisuda bingung apa yang harus dilakukan setelah wisuda. Apa yang harus dilakukan setelah lulus kuliah atau wisuda?

So, berikut ini adalah kegiatan yang dapat dilakukan setelah wisuda lulus kuliah.

Menambah skill baru

Umumnya mahasiswa yang sudah lulus kuliah akan mencari pekerjaan yang diidam-idamkan. Pekerjaan yang diharapkan adalah pekerjaan sesuai passion kamu, digaji dengan angka yang besar, dan tanggung jawab yang sesuai. Harapannya setelah wisuda memang sudah dapat bekerja dan menghasilkan uang. 

Namun, realitanya terkadang tidak seperti itu. Perlu perjuangan dan kesabaran yang harus dilalui. Ada cara untuk memudahkan proses ini, yaitu menambah skil baru. Banyak skill yang dapat kamu coba untuk dipelajari. Seperti, digital marketing, tips SEO, pengelolaan sosial media, copywriting, dan sebagainya. 

Sebelum itu, perlu kamu perhatikan, mana skill yang banyak dibutuhkan dan dicari oleh klien.

Dengan skill baru ini akan memudahkan kamu segera mendapatkan pekerjaan dan penghasilan. 

Menjadi freelancer profesional

Untuk menjadi seorang freelancer kamu tidak hanya belajar skill baru, kemudian selesai. Tidak. Setelah kamu memiliki skill, langkah selanjutnya adalah menyusun strategi untuk menjual jasa sesuai kemampuanmu. 

Banyak-banyak pelajari bagaimana memasarkan jasa dan mendapatkan klien yang cepat. Agar jasa yang kamu jual dapat segera laku dan kamu mendapatkan penghasilan yang kamu bayangkan. 

Yang paling penting dari freelance adalah pelayanan yang kamu berikan. Untuk itu perlu kamu pelajari bagaimana sikap yang harus dimiliki oleh seorang freelancer dan kualitas skill yang memadai.

Memulai bisnis baru

Setelah lulus kuliah yang dipikirkan adalah bagaiamana segera mendapatkan penghasilan dan berhenti menjadi beban orang tua. Dan solusi yang paling jitu untuk persoalan ini adalah memulai bisnis. 

Memulai bisnis atau usaha diyakini sebagai cara paling cepat mendapatkan penghasilan. Karena berbisnis membuka peluang sebesar-besarnya untuk mendapatkan rezeki. 

Usaha yang dapat dilakukan oleh mahasiswa yang baru lulus sangat beragam. Dimulai dari yang tanpa modal seperti dropship, sampai yang mengharuskan adanya modal di awal yang besar.

Traveling

Wisuda adalah kegiatan paling akhir dari sebuah proses pembelajaran di perguruan tinggi. Ada proses panjang dan tak mudah yang harus dilewati hingga akhirnya dapat mengikuti wisuda. 

Proses panjang nan sulit tersebut bernama tugas akhir. Banyak tenaga, waktu, dan materi yang harus dibayar untuk dapat menaklukkan tugas akhir. Sehingga, kesehatan mental agak naik turun pada saat prosesnya. Oleh karenanya perlu merefresh ulang pikiran setelah proses panjang tersebut. 

Salah satu cara untuk memulihkan mental adalah dengan traveling. Dilansir dari Kompas.com, traveling membuat perasaan lebih bahagia. Dengan perasaan bahagia yang dihasilkan tersebut, traveling dapat menjadi self-reward bagi mahasiswa yang baru wisuda.

Melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi

Terkadang menempuh pendidikan tinggi tidak membuat kapok lulusannya untuk terus belajar. Justru sebaliknya, semangat belajar semakin meningkat dari sebelumnya. Kesadaran akan pentingnya pendidikan jelas menjadi alasan utama. 

Tak sedikit lulusan pendidikan tinggi memilih untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan melanjutkan pendidikan akan membuat semakin cerdas dan kredibilitas pengatahuan semakin diakui serta diperhitungkan. Selain itu peluang untuk diterima kerja lebih besar ketika lulus nanti.

Namun, sebelum itu kamu harus menyediakan biaya yang tidak sedikit. Karena semakin tinggi jenjang pendidikan, semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan. Saran mimin, usahakan cari beasiswa yang dapat membiayai, sekurang-kurangnya biaya pendidika. 

Dengan begitu, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat menjadi pilihan kegiatanmu setelah wisuda. 

Penutup

Kegiatan yang dapat dilakukan setelah wisuda pendidikan tinggi sangatlah beragam. Ada banyak pilihan yang bagus untuk kamu coba. Sekalipun kegiatan yang akan kamu lakukan tidak tercantum di atas, kamu bisa pilih kegiatan lain selama bermanfaat dan positif. 

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih. 

 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url