4 Situs Microstock Terbaik dan Terbukti Membayar

Microstock Terbaik – Saat ini semakin banyak cara untuk mendapatkan pundi-pundi uang, salah satunya adalah dari situs microstock dengan kualitas terbaik. Microstock merupakah wadah yang menjadi tempat creator untuk menerbitkan dan menjual karya-karya di internet. 

Ada banyak cara kerja yang dapat digunakan untuk mendapatkan uang dari microstock. Beberapa di antaranya adalah menjual foto, menjual file vektor, menjual file video, dan juga afiliasi. Semua cara tersebut dapat dilakukan oleh siapa pun yang memiliki keterampilan di bidang tersebut.

Banyaknya cara untuk mendapatkan uang dari penjualan di microstock, membuat semakin banyak peminat seller di microstock. 

Untuk mendapatkan penghasilan dari microstocksobat tidak perlu bingung memilih situs microstock yang cocok dan terbaik untuk sobat pilih.

Berikut beberapa situs microstock yang terbaik dan terpercaya:

1. Shutterstock

Situs Microstock-Shutterstock

Urutan pertama yaitu Shutterstock. Shutterstock merupakan salah satu situs penyedia foto, video, dan vektor. Shutterstock sendiri berpusat di New York, Amerika Serikat. 

Untuk melakukan penjualan, sobat perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu di web khusus kontributor. Isi data dengan benar, seperti nama, nama tampilan, email, dan kata sandi. Perlu menjadi catatan, isi nama lengkap sesuai dengan kartu identitas resmi yang dikeluarkan oleh negara atau KTP agar nantinya tidak ada kendala proses pencairan uang hasil penjualan.

Setelah memiliki akun, sobat langsung dapat mengunggah file yang mau dijual seperti, foto, video, dan vektor. 

Untuk file foto, sobat harus unggah dengan format jpg/jpeg/png. File video, sobat unggah dengan format mp4. File vektor, sobat harus upload dengan format EPS. Setelah upload, sobat cukup mengisi meta data yang diperlukan seperti deskripsi, ketegori, dan tag. Kemudian tinggal submit. Proses peninjauan dilakukan sekitar 1-3 hari oleh pihak Shutterstock

Setiap penjualan dari stok file yang sobat miliki, sobat akan mendapatkan US Dollar (USD). Untuk penarikan hasil penjualan, minimal sobat harus memiliki 35 USD. Untuk pembayaran, Shutterstock menyediakan pembayaran melalui Paypal, Payoneer, dan Skrill.

2. Adobe Stock

Situs Microstock-Adobe Stock

Situs microstock terbaik selanjutnya adalah Adobe Stock. Adobe Stock merupakan media penyedia foto, video, dan vektor di bawah naungan Adobe.Inc yang berpusat di California, Amerika Serikat. 

Sama halnya dengan Shutterstock, untuk dapat menjual karya, sobat harus mendaftar di website resminya di sini. Lakukan pendaftaran dengan mengisi nama lengkap, email, dan kata sandi. Kemudian lakukan verifikasi akun melalui email. 

Untuk menjual karyamu di Adobe Stock tidak begitu sulit, karena sobat tinggal klik upload  dan pilih file yang hendak dijual. 

File yang sudah diunggah akan dilakukan review oleh pihak Adobe Stock selama 1-3 hari. Review yang dilakukan ini tidak begitu ketat. Selama, sobat mengikuti pedoman yang ada, karya sobat akan sangat mudah diterima oleh pihak Adobe Stock. 

Untuk karya sobat yang tidak diterima oleh pihak Adobe Stock, sobat bisa pelajari alasan mengapa karya tersebut ditolak. Kemudian sobat perbaiki jika memungkinkan untuk diperbaiki. Jika tidak memungkinkan, sobat jadikan pelajaran untuk selanjutnya dalam membuat karya. 

3. Dreamstime

Situs Microstock-Dreamstime

Situs microstock terbaik selanjutnya adalah Dreamstime. Sedikit berbeda dengan situs microstock sebelumnya yang hanya dapat mengunggah foto, video, dan vektor, di Dreamstime sobat dapat mengunggah audio atau suara. Dreamstime sendiri berkantor di Tennesse, Amerika Serikat.

Untuk dapat menjual karyamu di sini, sobat harus melakukan pendaftaran di website Dreamstime. Pastikan data yang sobat ini benar agar tidak ada kendala untuk kemudian hari. Setelah melakukan pendaftaran unggah file yang hendak sobat jual di Dreamstime. 

Sedikit berbeda dengan Shutterstock dan Adobe Stock yang hanya mengisi deskiprsi dan tag, di Dreamstime kamu harus menambah 1 hal yaitu judul karyamu. Jadi pastikan, judul yang kamu gunakan sesuai dengan karya yang telah kamu buat. 

Tidak jauh berbeda dengan situs microstock sebelumnya, sobat harus menunggu 1-3 hari untuk proses peninjauan oleh pihak Dreamstime. 

Seleksi yang dilakukan oleh pihak Dreamstime tidak seketat yang dibayangkan. Selama sobat dapat mengirim karya sesuai dengan pedoman yang ditentukan, maka akan sangat mudah karya sobat diterima dan dapat diperjualbelikan.

4. Freepik

Situs Microstock-Freepik

Freepik merupakan salah satu dari sekian banyak situs microstock yang terbaik dan terbukti menghasilkan uang. Tidak sedikit designer yang menjual karya-karya digitalnya di Freepik ini. Selain itu, Freepik sudah banyak dikenal, sehingga angka penjualan akan sangat mudah meningkat. 

Freepik menyediakan foto, vektor, dan file berformat PSD. Keunikan ini tentu menjadi daya tarik bagi sobat yang menggeluti dunia desain, terutama yang mempunyai keahlian menggunakan Photoshop.  

Untuk dapat menjadi kontributor di Freepik tidak semudah seperti di situs microstock sebelumnya. Calon kontributor harus melewati pendaftaran akun Freepik dan tahap seleksi dengan mengunggah beberapa karya. Apabila karya yang diunggah sesuai dengan pedoman dan kualitas dari Freepik, maka akan lolos menjadi kotributor. Begitu pun sebaliknya, jika karya yang diunggah tidak sesuai dengan pedoman dan kualitas Freepik, maka akan ditolak, bahkan di-banned  akunnya. 

Kesulitan yang harus dilalui sangatlah wajar. Ini adalah cara kontrol kualitas dari pihak Freepik agar setiap karya yang dihasilkan berkualitas dari creator yang berkualitas. 

Perlu upaya ekstra untuk dapat menjadi kontributor di Freepik. Namun, sobat tidak perlu khawatir, kabarnya ketika kita sudah menjadi kontributor di Freepik, penjualan karya kita akan sangat mudah. Jika dibandingkan dengan situs microstock sebelumnya, karya di Freepik cenderung mudah terjual.

Itulah beberapa situs microstock terbaik yang dapat sobat pilih untuk mendapatkan keuntungan. 

Selamat mencoba…..

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url