5 Tips Jual Smartphone/HP Bekasmu di Marketplace Online

tips menjual smartphone bekas

Jual smartphone bekas – Kemajuan perkembangan teknologi mengalami perkembangan yang sangat cepat setiap tahunnya. Banyak teknologi dengan fitur baru yang belum pernah ada sebelumnya. Termasuk juga teknologi bernama smartphone.

Pengembang smartphone berlomba-lomba menelurkan produk baru andalan masing-masing. Bahkan dalam setahun pengembang smartphone dapat memperkenalkan lebih dari 2 produk baru. Tidak sedikit smartphone yang masih tergolong baru, tetapi produk lain dengan harga yang hampir sama baru saja diluncurkan. 

Perkembangan yang sangat cepat ini tentu mendorong pengguna smartphone untuk menjajal smartphone dengan fitur teknologi yang lebih canggih. Langkah yang biasa ditempuh untuk menjajal smartphone baru adalah dengan menjual smartphone dengan kondisi bekas. Namun, sayang seribu sayang tak jarang justru dijual dengan harga yang sangat murah di marketplace online.

Berikut adalah tips agar smartphonemu tidak dihargai murah. 

Lengkapi dus box

Calon pembeli sangat mungkin memiliki pikiran untuk kembali menjual smartphone yang dibeli bekas baik karena alasan bosan atau pun ingin mendapatkan keuntungan. Sehingga walaupun yang dijual adalah barang bekas, pembeli berharap barang yang didapat memiliki wujud dan kelengkapan yang sama dengan kondisi barunya. Untuk itu maka dus box smartphone harus masih ada ketika hendak dijual. 

Ketersediaan dus box adalah indikasi dasar yang menunjukkan bahwa barang tersebut merupakan barang yang diperoleh secara legal dan bukan merupakan barang curian. Calon pembeli tentu akan mengantisipasi barang yang akan dimiliki justru hasil curian dan memiliki dampak besar di kemudian hari. 

Pastikan kelengkapan bawaan masih tersedia

Di samping dusbox smartphone, kelengkapan barang-barang bawaan tentu merupakan hal penting. Setiap smartphone pasti memuat barang bawaan pada saat pembelian. Seperti, headset, charger adapter, kabel charger, dan lain-lain. Namun, setiap paket pembelian smartphone memiliki barang bawaan yang berbeda-beda. 

Selain barang bawaan yang lengkap, pastikan barang bawaan tersebut adalah original dari pabrik. Ini biasanya menjadi bahan pertimbangan pembeli agar tidak perlu lagi mencari barang bawaan original lagi secara terpisah. Keaslian barang bawaan tersebut dapat menambah nilai jual smartphone bekasmu. 

Bersihkan smartphone sebelum di jual

Penampilan yang menarik smartphone adalah cara paling sederhana untuk menarik pembeli manapun. Begitupun dengan smartphone. Smartphone yang memiliki penampilan yang baik dan bersih mudah menggaet pembeli. 

Untuk itu agar smartphone bekasmu dilirik dan dihargai dengan harga mahal, kamu harus bersihkan terlebih dahulu. Seminimal mungkin lakukan pembersihan mulai dari body sampai layar. Dengan begitu smartphone bekas yang hendak kamu jual akan terlihat lebih premium.

Lakukan pembersihan melalui setelan pabrik

Smartphone bekas nantinya akan berpindah tangan ke orang yang berbeda. Setiap orang tentu akan menggunakan smartphonenya untuk keperluan yang berbeda-beda. Oleh karenanya kamu perlu menghapus setiap aplikasi yang terinstall dan data-data di smartphone bekasmu. Agar lebih mudah, lakukan reset pabrik atau melakukan install ulang pada smartphone yang hendak dijual. 

Dengan melakukan reset pabrik maka semua aplikasi dan data di smartphone bekasmu akan hilang semua. Setelan dan tampilan akan sama seperti ketika membeli baru. Umumnya untuk melakukan setelan pabrik adalah dengann klik ke bagian setelan/pengaturan kemudian ke bagian tentang telepon dan klik setelan pabrik. Namun, untuk melakukan reset pabrik, masing-masing smartphone berbeda-beda. Apabila mengalami kesulitan kamu bisa cek di google cara kembali ke setelan pabrik smartphonemu. 

Dokumentasikan dan berikan deskripsi yang jelas pada produk

Gambar dan deskripsi yang jelas akan memudahkan pembeli mengetahui informasi dari smartphone bekasmu. Informasi yang jelas akan mengurangi intensitas tanya jawab dengan pembeli yang mendorong adanya tawar-menawar. Dalam proses tawar menawar tersebut terkadang harga yang diminta pembeli sangat jatuh. Sehingga, dengan deskripsi yang jelas akan memudahkan proses penjualanmu. 

Selain itu, pastikan gambar dari smartphone bekasmu tidak jelas. Gunakan resolusi yang tinggi agar gambar tidak buram. Ini juga akan menciptakan kesan mewah dari smartphonemu. 

Yang harus menjadi catatan adalah informasi yang diberikan harus jujur apa adanya sesuai kondisi smartphone bekasmu. Jangan sampai memberikan informasi yang tidak sesuai. Sehingga, pembeli merasa tertipu. Sangat mungkin, apabila kebohonganmu diketahui pembeli, harga smartphone bekasmu diharga murah. Jadilah penjual bijak dengan cara berjualan yang jujur.

Itulah cara agar smartphone bekasmu dihargai dengan harga yang mahal. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url