Tips Pilih Kos Yang Murah, Mahasiswa dan Perantau Wajib Tahu

Bagi perantau, kos adalah kebutuhan pertama yang harus terpenuhi sebelum tinggal di kota rantau. Baik mahasiswa maupun pekerja di rantau kebanyakan akan memilih kos murah sebagai pilihan. Banyak hal dan pertimbangan yang dapat dipikirkan sebelum memilih kos.

Menempati kos yang murah dengan fasilitas yang memadai adalah bayangan anak kos dengan persediaan uang yang terbatas. Tapi sayangnya, fasilitas yang bagus jarang sekali berbanding lurus dengan harga yang murah. Justru sebaliknya, kos dengan harga murah biasanya memiliki fasilitas yang biasa saja atau bahkan kurang baik.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan kos harga murah dengan fasilitas yang cukup.

Berikut adalah pertimbangan utama memilih kos yang murah dan bagus.

1. Cek tempat tidur

Tempat Tidur Kos Murah

Tujuan utama perantau mencari kos adalah untuk tempat istirahat dan menyimpan barang-barang berharga yang dibawa dari tempat asal. Sehingga, kamar kos yang bagus adalah poin penting yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Periksa apakah ventilasinya dapat bekerja dengan optimal atau tidak. Ini penting karena sirkulasi udara menentukan kenyamanan Anda selama berdiam diri di dalam kos. Tanpa ventilasi udara yang baik, Anda tidak akan nyaman dengan kamar yang ditempati. Bisa jadi karena sumuk atau yang lebih buruk dari itu, yaitu kamarmu akan bau.

Selain itu, periksa apakah ruang kamarnya cukup untuk menyimpan barang-barangmu. Jangan lupa, sisakan space ruang kosong untuk tempatmu beraktivitas seperti beribadah dan belajar. Ruang yang luas akan memudahkanmu merapikan ruang kamarmu agar tidak terlihat berantakan.

Ukuran yang standar adalah 3×3 meter. Kurang lebih dari itu tidak disarankan. Tapi kembali lagi sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika barang-barang Anda tidak terlalu banyak, ukuran kurang dari itu bisa masuk pertimbangan.

2. Keamanan kos

Keamanan Kos Murah

Selain kenyamanan, keamanan adalah aspek yang sangat penting dalam memilih kos. Apabila Anda dapat mengakses informasi baik mengulik dari warga setempat atau dari sumber lainnya, maka Anda dapat menanyakan apakah tempat tersebut rawan terjadi kasus kemalingan atau tidak. Pastinya kita harap barang yang kita simpan di kos tidak akan mengalami kehilangan.

Apabila Anda mendapatkan informasi bahwa daerah kos Anda rawan kemalingan maka pertimbangkan lagi untuk memilih kos daerah tersebut. Apabila Anda tetap ingin memilih tempat di daerah tersebut, maka pastikan kos Anda memiliki sistem keamanan yang baik.

Kriteria kos yang aman adalah memiliki fasilitas keamanan CCTV dan kunci pagar digembok. Syukur-syukur jika pemilik kos menyediakan pihak keamanan atau satpam khusus untuk menjaga kos.

Tapi biasanya untuk yang seperti ini, kos tersebut dibanderol dengan harga yang tidak murah. Jadi untuk kriteria kos bagus dan murah, satpam sifatnya opsional.

Untuk meningkatkan keamanan terhadap kendaraan motor, Anda bisa membeli kunci ganda untuk kendaraan bermotor. Anda bisa beli di marketplace seperti Shopee dengan harga terjangkau. Ini tidak lain semata-mata adalah untuk meningkatkan keamanan.

3. Fasilitas kamar mandi

Kamar Mandi Kos Murah

Selain tempat istirahat, kos merupakan tempat untuk bersih diri. Kos yang bagus memiliki fasilitas kamar mandi yang baik berupa air yang tidak sering mati. Mengapa air sangat penting? bayangkan ketika kebelet, terus air mati. Akhirnya mau tidak mau harus mencari toilet lain. Sedangkan Anda tidak ada waktu cukup untuk itu.

Selain dari segi ketersediaan air, pastikan juga perbandingan antara jumlah penghuni kos dengan jumlah kamar mandi. Usahakan jumlah kamar mandi memadai dengan jumlah penghuni kos. Ini tidak lain adalah untuk menghindari antrian kamar mandi yang terlalu mebeludak.

Jangan lupa juga, usahakan ada tempat cuci pakaian tersendiri yang berbeda dengan kamar mandi. Ini ditujukan agar penghuni yang mencuci baju tidak terlalu lama di dalam kamar mandi dan mengganggu penghuni yang ingin menggunakan kamar mandi.

4. Akses menuju kos

jalan menuju kos murah

Aspek yang harus diperhatikan juga untuk memilih kos yang bagus adalah akses menuju kos yang mudah. Tidak hanya untuk kendaraan roda dua, tapi juga untuk roda empat. Bukan tanpa alasan. Hal ini agar mobilisasi dari kos dapat dilakukan dengan baik.

Contoh, ketika pindah kos yang biasanya menggunakan mobil. Akses yang sulit akan menyulitkan Anda untuk keluar masuk menuju dan dari kos. Jadi usahakan pilih kos yang dapat diakses dengan mudah oleh jenis kendaraan manapun.

5. Fasilitas lain kos

Listrik Kos murah

Harga yang dipasang pemilik kos harus dipastikan setimpal dengan fasilitas yang diberikan. Kos dengan harga murah biasanya memiliki fasilitas yang tidak banyak. Sebuah keberuntungan ketika Anda menemukan kos harga murah, tetapi memiliki fasilitas yang cukup bagus.

Ada beberapa fasilitas yang setidaknya include dengan biaya kos. Pertama, listrik. Kos yang tidak membebankan biaya listrik secara terpisah dari biaya kos bulanan adalah kos yang cocok Anda pilih. Karena pemakaian listrik bisa saja pada momen tertentu meningkat dibandingkan waktu-waktu sebelumnya. Jadi penggunaan listrik yang tidak terbatas tentu menjadi nilai lebih.

Kedua, wifi. Internet adalah kebutuhan yang sulit untuk dihindari di era modern ini. Umumnya kos akan menyediakan fasilitas wifi secara cuma-cuma atau sekurang-kuranya sudah masuk dalam hitungan biaya bulanan. Kos yang seperti ini menurut Saya adalah kos yang bisa jadi piliha.

Namun, terkadang penyedia kos tidak memberikan fasilitas kos. Sehingga pengghuni kos berifinisiatif menyewa wifi sendiri dengan sistem urunan. Kos yang seperti ini bisa jadi pilihan jika harga kosnya memang sangat miring dari harga standar dan biaya iuran wifi tidak terlalu mahal.

6. Perhatikan aturan dalam kos

Setiap pemilik kos pasti menerapkan aturan pada kos miliknya. Penghuni kos mau tidak mau dan seharusnya mengikuti aturan tersebut. Pastikan aturan ini harus Anda tanyakan di awal sebelum memutukan untuk bertempat tinggal di kos tersebut. Karena tak jarangan aturan yang dibuat tidak sejalan dengan kenyamanan yang diharapkan.

Seperti aturan pembatasan keluar jam malam. Bagi mahasiswa yang masih ada kegiatan organisasi dan harus pulang malam jelas aturan ini sangat tidak mengenakkan. Apalagi ketika lapar di tengah malam setelah mengerjakan tugas. Sehingga, aturan ini jelas sangat tidak cocok untuk mahasiswa jenis ini.

Selain aturan tidak boleh mengajak teman menginap. Aturan ini relatif dan memang perlu. Tapi ketika aturan ini dijalankan dengan ketat, maka Anda akan kesulitan untuk mengajak teman atau keluarga Anda bermain ke kos. Usahakan cari kos dengan aturan yang moderat, seperti boleh menginap boleh hanya saja ada batasa hari.

Dan masih banyak aturan kos lainnya yang masing-masing kos berbeda. Sehingga, saran saya pastikan di awal sebelum ngekos, Anda sudah bertanya terkait segala aturan kos. Jangan sampai Anda menyesal karena baru mengetahui aturan kos setelah membayar biaya bulan kos. Dan yang tak kalah penting adalah, pastikan aturan yang ada sejalan dengan yang Anda inginkan.

Untuk memudahkan pencarian kos, Sobat dapat mencari di situ Mamikos.

Penutup

Ok sob, mungkin itu saja mengenai tips memilih kos murah dengan kualitas standar yang bagus. Anda mahasiswa maupun pekerja yang sedang merantau, perlu perhatikan tips-tips di atas untuk dijadikan pertimbangan memilih kos yang murah.

Apabila artikel ini bermanfaat jangan lupas share ka orang terdekat ya SOB.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url