Divisi Kepanitiaan Pameran Yang Bertugas Menyampaikan Informasi

kepanitiaan pameran yang bertugas menyampaikan informasi

Kegiatan yang tak kalah ramai adalah pameran. Perlu persiapan yang matang dari jauh-jauh hari agar acara dapat berjalan dengan lancar. Salah satu bagian paling penting dari sebuah pameran adalah penyampaian informasi kepada khalayak luas. Divisi dari kepanitiaan pemeran yang bertugas menyampaikan informasi adalah divisi publikasi. 

Tugas Divisi Publikasi

Divisi publikasi biasa dikenal juga dengan divisi atau seksi PDD. PDD adalah singkatan dari Publikasi, Dekorasi dan Dokumentasi. Dari nama yang digunakan tersebut, kamu pasti tahu apa saja tugas dari divisi ini. 

Divisi publikasi bertugas untuk mempublikasikan kegiatan baik sebelum, saat, maupun setelah kegiatan selesai. Kegiatan yang didokumentasikan meliputi, persiapan acara, dokumentasi kegiatan saat acara berlangsung. Tak luput juga menyusun desain yang perlu dikerjakan untuk merekap semua hasil dokumentasi acara. 

Berdasarkan hal tersebut, tugas divisi publikasi secara umum adalah memberikan informasi kegiatan kepada publik. 

Tak hanya soal dokumentasi dan mendesain, divisi publikasi terkadang harus terlibat dalam proses dekorasi. Menyusun dan menghias tempat acara agar sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati ketika rapat.

Baik dalam sebuah kepanitiaan organisasi mahasiswa ataupun kepanitiaan lainnya, divisi publikasi memiliki peran yang sangat penting. Bahkan seringkali divisi publikasi ini dikenal dengan tugas paling banyak. Tak hanya itu, tugas dari divisi ini bisa dibilang paling banyak dibandingkan divisi lainnya. 

Banyaknya tanggung jawab yang harus dikerjakan oleh divisi publikasi mengharuskan memiliki tenaga yang kuat dan jiwa yang sabar. 

Keterampilan yang harus dimiliki staf divisi publikasi

Menjadi staf divisi publikasi bukanlah suatu hal yang benar-benar menyenangkan. Bukan juga sebuah kabar baik. Melainkan, bisa jadi pertanda buruk, jika kamu tidak memiliki kemampuan yang dibutuhkan sebagai seorang staf divisi publikasi. 

Ada beberapa skill yang harus dimiliki oleh staf divisi publikasi sebagaimana dijabarkan berikut.

1. Mahir mengoperasikan komputer

Keterampilan yang wajib dimiliki oleh seorang staf divisi adalah menggunakan komputer. Komputer yang dimaksud adalah dalam arti yang lebih luas, termasuk juga laptop. 

Skill ini harus kamu miliki jika ingin menjadi staf publikasi. Hal ini dikarenakan tugas dari divisi ini erat kaitannya dengan pengoperasian komputer dan alat elektronik sejenis. 

Lantas bagaimana kalau tidak bisa? Jawabannya adalah BELAJAR. Tanpa kemampuan dan pengetahuan terkait komputer, kamu akan terseok-seok dalam menjalankan tugasmu. Bisa dibilang juga sebagai beban tim. 

2. Memiliki skill desain

Apabila kamu sudah membaca artikel ini secara seksama dari atas, maka kamu sudah bisa menebak bagian ini. Kemampuan desain adalah skill yang tak boleh ditawar jika kamu hendak menjadi bagian dari tim divisi publikasi. Mau tidak mau WAJIB bisa. 

Tugas pokok utama dari divisi publikasi di era saat ini adalah mendesain. Tidak hanya posting dan selesai. Staf divisi publikasi bertanggung jawab untuk menyusun dan mengonsep desain dengan baik. 

Tak perlu terlalu khawatir jika kamu tidak bisa menggunakan Adobe Photoshop ataupun Adobe Illustrator. Kamu cukup gunakan aplikasi Canva. Aplikasi ini cukup powerful untuk digunakan di dalam proses kepanitiaan. Dengan fitur berbagi yang bisa dikerjakan oleh tim, kamu bisa mengerjakan desain secara bersama-sama. 

Kalau tidak bisa desain? Jawabannya adalah BELAJAR. Di Google dan You Tube banyak bertebaran tutorial yang mudah diakses.

3. Editing video

Untuk skill ini mau tak mau, suka tak suka, bagi seorang staf divisi publikasi wajib bisa dan kalau bisa mahir. Menurut MinSea, dari semua skill, skill editing video adalah yang paling berat dan susah. 

Pertama, perlu proses belajar yang panjang agar sampai pada predikat mahir. Tidak cukup hanya buat 1 video kemudian bisa dan lancar. Perlu proses lumayan panjang untuk bisa memahami proses pembuatan video yang baik. 

Kedua, proses belajar sangat mungkin terhambat apabila tidak didukung oleh spesifikasi perangkat yang mumpuni. Spesifikasi yang dibutuhkan untuk melakukan editing video sangatlah tinggi. Sedangkan laptop atau device dengan spesifikasi tinggi, dibandrol dengan harga yang tinggi.

Tapi, kamu tak perlu takut skill ini tak berguna. Skill ini merupakan salah satu skill freelancer dengan harga yang mahal. 

Penutup

Divisi publikasi memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah kepanitiaan. Divisi ini terbilang berat, kecuali buat kamu yang berpengalaman atau memiliki semangat belajar yang tinggi.  

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url