Susah Duit Buat Kuliah? Ini Cara Dapat Beasiswa Djarum Plus


Beasiswa Djarum Plus

Sudah lama daftar berbagai beasiswa, eh ternyata belum ada yang kecantol sama sekali. Buat kamu yang ngalamin seperti itu, kamu bisa coba daftar Beasiswa Djarum Plus. 

Beasiswa seringkali jadi penyelamat buat mahasiswa ataupun pelajar untuk dapat menempuh suatu jenjang pendidikan. Apalagi saat ini pendidikan masih jadi barang yang mahal, karena tidak semua orang bisa menikmati dan biaya yang relatif mahal. 

Ada banyak macam beasiswa yang bisa dicoba, tapi kali ini MinSea bakal bagikan salah satu program beasiswa terfavorit yang bikin kamu lancar buat menyelesaikan pendidikanmu yaitu Beasiswa Djarum Plus. 

Apa itu Beasiswa Djarum Plus

Sesuai dengan namanya, Beasiswa Djarum Plus merupakan program yang diselenggarakan oleh Yayasan Djarum Fondation. Kamu pasti sudah enggak asing lagi sama sama yayasan ini. 

Yayasan ini didirikan oleh Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono. Aktivitas yayasan ini sudah berlangsung sejak tahun 1951. 

Sebagai yayasan, Djarum Fondation menyelenggarakan banyak program kemanusiaan dan kegiatan sosial lainnya. Misalnya Djarum Fondation menggagas program bakti sosial berupa donor darah, penanganan bencana alam, operasi katarak gratis, peningkatan kualitas panti asuhan, dan lain-lain. 

Selain di bidang sosial kemanusiaan, Djarum Fondation juga memberikan kontribusi langsung berupa Djarum Beasiswa Bulutangkis, PB Djarum, dan masih banyak lagi. Begitupun di bidang pelestarian lingkungan, Djarum Fondation memberikan kontribusi yang sangat berharga agar kepada lingkungan sekitar.

Di samping program-program di atas, Djarum Fondation memiliki kesadaran untuk mendukung masyarakat untuk dapat merasakan pendidikan yang berkualitas. Ini buktikan dengan adanya program Beasiswa Djarum Plus. 

Peserta atau penerima program Beasiswa Djarum Plus tidak hanya menerima dana bantuan, melainkan juga pelatihan penting untuk menunjang karir ke depannya seperti Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure. 

Sampai artikel ini ditulis, tercatat sudah 13.397 mahasiswa berprestasi yang menikmati manisnya beasiswa ini. Ini menjadi bukti komitmen Djarum Fondation dalam menyelenggarakan tugas-tugas sosialnya. 

Berapa uang saku beasiswa Djarum?

Kamu pasti sudah enggak sabar lagi buat pengen tahu berapa uang saku bantuan yang diberikan oleh Djarum Fondation di program Beasiswa Djarum Plus. 

Mahasiswa yang berhasil mendapatkan Beasiswa Djarum Plus akan mendapatkan bantuan sebesar Rp1.000.000 setiap bulannya selama 1 tahun. Jika ditotal, maka yang akan didapatkan adalah sebesar Rp12.000.000.

Bantuan dana tersebut bisa dibilang sangat besar untuk membantu kelancaran proses pendidikan tinggi. Namun, kamu harus ingat kalau beasiswa ini bukan cuma berupa bantuan dana, melainkan juga bantuan pelatihan untuk meningkatkan soft skill penerimanya. 

Beasiswa Djarum Plus untuk perguruan tinggi apa saja?

Dari kamu pasti bertanya-tanya, apakah beasiswa ini bisa didaftar oleh mahasiswa dari berbagai macam latar belakang perguruan tinggi. Untuk persoalan ini, sayangnya hanya diberikan kepada mahasiswa dari perguruan tinggi tertentu. 

Tapi kamu gak perlu khawatir, perguruan tinggi yang dimaksud nyatanya tidak sedikit. Banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang sudah menjalin mitra dengan Djarum Fondation. 

Berikut adalah beberapa perguruan tinggi mitra yang dikutip dari situs DjarumBeasiswaPlus.org.

  • IAIN Kudus
  • Institut Kesenian Jakarta
  • Institut Pertanian Bogor
  • Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  • Institut Teknologi Bandung
  • Institut Teknologi Harapan Bangsa
  • Institut Teknologi Nasional
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Politeknik Negeri 
  • Politeknik Negeri Batam
  • Politeknik Negeri Batam
  • Politeknik Negeri Malang
  • Politeknik Negeri Samarinda
  • Politeknik Negeri Semarang
  • Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara Malang
  • Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Andalas
  • Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Universitas Bangka Belitung
  • Universitas Bengkulu
  • Universitas Bina Nusantara
  • Universitas Borneo Tarakan
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Cendrawasih
  • Universitas Dian Nuswantoro
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Halu Oleo
  • Universitas Islam Bandung
  • Dan masih banyak lagi.

Kamu bisa cek apakah perguruan tinggimu masuk sebagai mitra Beasiswa Djarum Fondation atau tidak melalui situs DjarumBeasiswaPlus.org.

Bagaimana jika kampusmu belum terdaftar sebagai mitra Beasiswa Djarum Plus?

Untuk kampus atau perguruan tinggi yang saat ini sedang tidak menjalin kerja sama untuk menyelenggarakan Beasiswa Djarum Plus, pihak kampus dapat membuka peluang kerja sama dengan pihak Djarum Fondation. 

Pengajuan kerja sama beasiswa dapat dilakukan melalui info@djarumbeasiswaplus.org.

Kapan Pendaftaran Beasiswa Djarum Plus?

Informasi yang sangat ditunggu-tunggu adalah kapan beasiswa Djarum Plus ini dibuka. Berdasarkan informasi resmi dari situs DjarumBeasiswaPlus.org, untuk tahun 2024 beasiswa ini akan dibuka pada 20 Maret - 27 Mei 2023

Pantau terus informasi terbaru terkait pendaftaran beasiswa Djarum Plus, karena beasiswa ini dibukan untuk setiap tahunnya. Jadi jangan sampai kelewatan ya!

Syarat mendaftar Beasiswa Djarum Plus

Buat kamu yang memiliki ketertarikan untuk mendaftar beasiswa ini, kamu perlu perhatikan syarat-syarat berikut ini. 

Persyaratan Pendaftaran

1. Sedang menempuh pendidikan Strata 1/Diploma 4 di semester IV, dari semua disiplin ilmu

Buat kamu yang ingin sekali mendaftar beasiswa ini, kamu harus sudah menjadi mahasiswa aktif. Kalau belum jadi mahasiswa, daftar perguruan tinggi dan setelah diterima baru bisa mendaftar beasiswa ini. 

Berbeda dengan Beasiswa Bank Indonesia yang biasanya pendaftarnya hanya dibatasi jurusan kuliah tertentu. Beasiswa Djarum Plus ini lebih inklusif, karena semua disiplin ilmu bisa mendaftar asal berasal dari perguruan tinggi mitra. 

2. IPK minimum 3.00 pada semester III, serta dapat mempertahankan IPK minimum 3.00 hingga akhir semester IV

Syarat penting yang harus dipenuhi untuk mendaftar beasiswa ini adalah IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif. Kamu harus benar-benar bisa memperhatikan dan menjaga agar IPK-mu tidak melewati ambang batas bawah. 

Untuk memenuhi persyaratan ini, kamu hanya perlu untuk belajar dan memaksimalkan kegiatan di kelas. 

3. Aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di dalam maupun luar kampus

Keaktifan di organisasi sangat dibutuhkan buat kamu yang ingin menjadi penerima beasiswa Djarum Plus. Enggak cuma organisasi mahasiswa di dalam kampus, tapi juga organisasi mahasiswa ekstra kampus

Syarat ini memang dibutuhkan buat pendaftar beasiswa Djarum Plus, karena ini menjadi standar keterampilan sosial yang harus dimiliki calon penerimanya. Jadi buat kamu yang aktif di organisasi, dedikasimu enggak bakal sia-sia. 

4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain

Sama halnya dengan persyaratan beasiswa lainnya, bagi calon penerimanya tidak diperbolehkan sedang menerima beasiswa lain. Hal ini ditujukan untuk mendistribusikan bantuan pendidikan agar lebih merata dan tidak diambil oleh satu mahasiswa secara serakah. 

Biasanya untuk memenuhi persyaratan ini, pihak kampus akan memfasilitasi keperluan ini. Kampus akan mengeluarkan surat keterangan bahwa kamu tidak sedang menerima beasiswa lain. 

5. Kuliah di mitra Perguruan Tinggi Program Djarum Beasiswa Plus

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau kamu mau mendaftar beasiswa ini perguruan tinggimu harus menjadi kerja sama mitra dengan Djarum Fondation. Ini sifatnya mutlak.

Kalau kamu bukan mahasiswa dari kampus mitra, maka mohon maaf kesempatan beasiswa ini tidak mungkin kamu bisa dapatkan. Silahkan cari kesempatan beasiswa lain. 

Syarat administratif berkas pendaftaran:

1. Bukti cetak PDF dari formulir pendaftaran online

Sebelum melakukan pendaftaran, kamu harus cetak formulir pendaftaran secara online. Kemudian isi informasi data pribadi yang dibutuhkan. 

2. Satu lembar pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm memakai jaket almamater

Kamu harus mempersiapkan foto berwarna dengan menggunakan almamater kampusmu. Usahakan foto yang kamu berikan memiliki kualitas yang baik agar memperbesar peluang diterima. 

3. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa

Saat melakukan pendaftaran, kamu harus menyerahkan fotokopi atau salinan dari KTM. KTM merupakan kartu identitas mahasiswa yang berisi informasi pribadi yang menyangkut kemahasiswaan. 

4. Transkrip nilai sampai dengan semester III yang telah dilegalisir otoritas kampus

Syarat penting yang juga harus dipenuhi adalah transkrip nilai atau lembar hasil studi dari semester 1 sampai semester 3 dalam bentuk dokumen teregalisir. 

Cara untuk melakukan legalisir adalah dengan cara mencetak atau fotokopi transkrip nilai kemudian dilakukan stempel logo kampus dan tanggal legalisir oleh pihak akademik kampus. 

Alur seleksi Beasiswa Djarum Plus

Berikut ini adalah alus pendaftaran dan seleksi Beasiswa Djarum Plus:

  1. Proses pendaftaran
  2. Seleksi administrasi
  3. Tes tulis secara daring
  4. Lolos tes tulis, lanjut tes wawancara
  5. Pengumuman

Itulah informasi penting terkait pendaftaran Beasiswa Djarum Plus. Semoga bermanfaat. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url