Tips Lolos Mendapatkan Beasiswa Bank Indonesia GenBI

Beasiswa Bank Indonesia GenBI

Beasiswa Bank Indonesia masih menjadi salah satu primadona mahasiswa. Beasiswa yang diberikan Bank Indonesia ini memberikan banyak manfaat bagi penerimanya. Sehingga tak heran beasiswa ini tidak pernah sepi peminat pendaftar setiap tahunnya. 

Beasiswa sendiri masih sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. Dengan mendapatkan beasiswa, mahasiswa dapat menggunakan uang beasiswa tersebut secara leluasa. Namun, tentunya untuk hal-hal yang bijak dan bermanfaat. 

Oh iya, sebelum lebih jauh, sobat harus paham bahwa tidak semua beasiswa itu berupa uang tunai. Bisa juga dalam bentuk lain yang tak kalah bermanfaat. Misalnya, pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan skill, dibebaskan dari kewajiban membayar uang UKT, dan masih banyak lagi. 

Nah, karena kali ini MinSea mau bahas soal Beasiswa Bank Indonesia, kamu harus tau nih apa itu beasiswa Bank Indonesia. 

Apa itu beasiswa Bank Indonesia?

Dari nama beasiswanya sendiri, sobat sudah dapat menebak bahwa beasiswa ini berasal dari lembaga negara bernama Bank Indonesia. Beasiswa ini hanya diberikan kepada mahasiswa yang telah diterima di salah satu perguruan tinggi di Indonesia. Sehingga, beasiswa Bank Indonesia dapat kamu pahami sebagai tunjangan yang diberikan oleh Bank Indonesia kepada mahasiswa.

Bentuk beasiswanya apa nih? Sobat pasti sudah gak sabar lagi buat cari tahu soal ini. 

Untuk bentuk beasiswa Bank Indonesia ini berupa uang tunai yang diberikan kepada mahasiswa penerimanya. Berdasarkan pengalaman salah satu penerima beasiswa ini, besaran uang tunai beasiswa Bank Indonesia adalah sebesar 6 Juta Rupiah untuk 1 semester. Dengan kata lain, 1 Juta Rupiah untuk setiap bulannya. 

Jumlah ini jelas sangat cukup buat menunjang kegiatan mahasiswa sehari-hari. Jadi kalau sobat berhasil mendapatkan beasiswa ini maka sudah dipastikan kebutuhan sobat akan tercukupi. 

Apakah beasiswa Bank Indonesia hanya berupa uang tunai?

Jawabannya tentu tidak. Jadi setelah kamu lolos sebagai penerima beasiswa Bank Indonesia, maka kamu secara otomatis menjadi bagian dari organisasi komunitas bernama Generasi Baru Indonesia atau yang biasa dikenal dengan GenBI.

Komunitas ini cukup aktif untuk melakukan kegiatan yang positif. Misalnya, pelatihan pengembangan diri, pelatihan bisnis, sosialisasi di masyarakat dan masih banyak lagi. 

Salah satu fungsi dari GenBI sendiri adalah untuk mengomunikasikan kebijakan Bank Indonesia kepada mahasiswa dan juga masyarakat. Salah satu contohnya adalah terkait sosialisasi alat pembayaran QRIS. GenBI memiliki tanggung jawab untuk memperkenalkan layanan ini kepada masyarakat agar dapat digunakan dan dipahami oleh masyarakat.

Apakah wajib aktif di GenBI?

Wajib untuk penerima beasiswa Bank Indonesia. Hal ini dikarenakan GenBI adalah salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh penerima beasiswa Bank Indonesia. 

Buat kamu yang suka dengan kegiatan organisasi, beasiswa ini akan sangat cocok buat mengisi kegiatanmu di samping kuliah. 

Apa saja syarat beasiswa Bank Indonesia?

Sebelum adanya seleksi beasiswa Bank Indonesia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan atau syarat yang harus dipenuhi. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pastikan kampusmu bekerja sama dengan pihak Bank Indonesia terdekat

Walaupun beasiswa ini cukup populer, nyatanya tidak semua mahasiswa kampus di Indonesia dapat mendaftar beasiswa Bank Indonesia. Hal ini dikarenakan tidak semua kampus yang ada di Indonesia bekerja sama dengan Bank Indonesia. Bank Indonesia biasanya hanya menentukan beberapa kampus tertentu yang mahasiswanya dapat mendaftar beasiswa Bank Indonesia. 

Sehingga, mahasiswa yang berkuliah di kampus yang tidak terdaftar maka tidak dapat mendaftar sebagai penerima beasiswa Bank Indonesia. Jadi cermati terlebih dahulu, apakah kampusmu bekerja sama dengan bank Indonesia terdekat. 

Ada beberapa kantor cabang perwakilan Bank Indonesia yang tersebar di beberapa daerah. Silahkan cek terlebih dahulu melalui situs atau sosial media resmi masing-masing kantor perwakilan. 

2. Memenuhi syarat maksimal dan minimal semester

Beasiswa Bank Indonesia masih mensyaratkan ada batas minimal dan maksimal semester. Umumnya, untuk batas minimal adalah semester 3. Kemudian untuk batas maksimal adalah ditentukan oleh usia pelamar. 

Apabila kamu tidak memenuhi persyaratan ini dengan baik dan tuntas, maka jangan harap dapat menjadi penerima beasiswa Bank Indonesia ini. 

3. Memenuhi kriteria program studi yang ditentukan

Perlu diketahui, tidak semua jurusan atau program studi dapat mendaftar beasiswa ini. Pihak Bank Indonesia biasanya menentukan jurusan-jurusan tertentu yang dianggap relevan dengan tujuan Bank Indonesia. 

Misalnya, jurusan ekonomi bisnis, ekonomi pembangunan, manajemen, akuntansi, ilmu hukum, dan masih banyak lagi. 

Untuk melihat jurusanmu masuk kriteria, maka kamu dapat mengecek jurusan kamu saat ini tercantum di flayer atau poster pengumuman penerimaan beasiswa ini. 

4. Usahakan sebelumnya aktif organisasi

Setelah kamu lolos sebagai penerima beasiswa Bank Indonesia, kamu akan secara otomatis menjadi bagian dari organisasi GenBI. GenBI adalah organisasi yang sangat aktif dengan dibuktikan intensitas kegiatan yang cukup banyak.

Mahasiswa yang lolos mau tidak mau harus aktif mengikuti kegiatan organisasi tersebut. Buat yang tidak aktif organisasi pasti akan kaget dengan kegiatannya. Namun, berbeda ketika kamu telah cukup aktif mengikuti organisasi sebelumnya, kamu akan sangat terbiasa dengan siklus kegiatan organisasi. 

Selain itu, tak jarang pihak Bank Indonesia mensyaratkan adanya keaktifan di kegiatan organisasi sebelumnya. Sehingga, partisipasi di kegiatan organisasi ekstra maupun intra kampus dapat menjadi nilai tambah kamu ketika melamar beasiswa ini. 

5. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain

Seperti halnya kebanyakan pemberi beasiswa, pihak Bank Indonesia akan mensyaratkan calon penerima beasiswa untuk tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain. 

Syarat ini mutlak harus dipenuhi agar tidak menyalahi ketentuan yang ditentukan oleh pihak Bank Indonesia. 

Hal ini juga sangatlah penting dari segi etika. Akan terkesan rakus dengan beasiswa yang telah didapat sebelumnya. Sedangkan di saat yang sama ada mahasiswa yang proses pendidikannya tidak di-cover oleh pihak manapun. 

Jadi pastikan kamu tidak menerima beasiswa dari pihak manapun ketika hendak melamar beasiswa Bank Indonesia. 

Pertanyaan wawancara beasiswa bank indonesia dan jawabannya

Saat kamu telah lolos seleksi administrasi, tahap selanjutnya adalah seleksi wawancara. Tetapi jangan senang dulu, karena kamu belum tentu lolos, walaupun sudah di tahap ini. Sehingga, kamu harus tetap mengeluarkan performa sebaik mungkin. 

Untuk memaksimalkan proses wawancaramu, kamu bisa coba perhatikan beberapa topik pertanyaan berikut ini. Pertanyaan berikut merupakan pertanyaan yang umumnya digunakan untuk menyeleksi kandidat, termasuk kandidat beasiswa.

1. Ceritakan dirimu dan latar belakang!

Ketika kamu ditanya pertanyaan yang demikian, maka kamu harus dapat menceritakan secara komprehensif bagian terpenting dari hidupmu. Namun, gunakan penjelasan yang ringkas. 

Adapun yang bisa kamu sampaikan adalah nama, asal pendidikan, pengalaman organisasi, dan pengalaman menjuarai kompetisi jika ada. Jelaskan secara ringkas dan padat.

Selain itu, jelaskan juga skill yang kamu memiliki agar kamu memiliki nilai jual yang baik. 

2. Pengalaman organisasi apa saja dan sebagai apa?

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa pengalaman organisasi akan sangat dibutuhkan ketika melamar beasiswa Bank Indonesia ini. Hal ini dikarenakan nantinya kamu akan mengurus organisasi yang bernama GenBI. 

Pengalaman organisasi ini akan sangat menjual. Karena pengalamanmu akan menjadi sangat relevan dan dibutuhkan oleh pihak Bank Indonesia. 

Kamu bisa jelaskan pengalaman organisasimu sebelumnya dan jelaskan bertindak sebagai apa. Selain itu, jelaskan juga tanggung jawabnya selama menjabat di posisi tersebut. 

3. Apa pemahamanmu tentang Bank Indonesia dan GenBI?

Sebagai pelamar pada sebuah instansi atau lembaga, kamu diminta untuk memahami profil lembaga tersebut. Hal ini sebenarnya adalah suatu hal yang dasar dan lazim ditanyakan oleh rekruiter untuk mencari tahu seberapa paham kandidat memahami tempatnya. 

Begitu pun ketika kamu melamar beasiswa ini. Pastikan kamu memahami apa itu Bank Indonesia, apa itu GenBI, apa saja tugas dan wewenang Bank Indonesia, kebijakan apa yang pernah di ambil Bank Indonesia, dan sebagainya. 

Untuk dapat mengetahui informasi profil tersebut, kamu bisa coba melakukan pencarian di mesin telusur. Lakukan riset kecil-kecilan. 

Usahakan informasi yang kamu dapatkan berasal dari sumber yang terpercaya. Misalnya situs resmi Bank Indonesia atau akun sosial media Bank Indonesia.

4. Apa gagasanmu untuk program kerja di organisasi GenBI?

Beasiswa Bank Indonesia GenBI




Pertanyaan ini ditujukan untuk memastikan apakah kamu memang memiliki iktikad baik ketika telah dinyatakan lolos. Selain itu, ini menjadi tolak ukur keseriusan kamu nantinya di organisasi GenBI. 

Layaknya organisasi pada umumnya, GenBI memiliki beberapa program kerja yang diperbaharui setiap periode 1 tahun. 

Sebagai nilai tambah ketika ditanya soal ini, kamu perlu mempersiapkan terlebih dahulu sebelum wawancara agar dapat mengeluarkan gagasan yang brilian. 

Coba pikirkan program kerja apa yang memiliki dampak manfaat kepada organisasi GenBI dengan menyesuaikan budaya kerja di organisasi ini. 

Penutup

Beasiswa Bank Indonesia sampai saat ini masih menjadi idaman para mahasiswa. Pesaing yang banyak dan kuota yang terbatas tentu menjadi tantangan tersendiri yang harus dilewati. 

Agar berhasil mendapatkan beasiswa ini ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Dengan membaca artikel ini, kamu akan jauh lebih mudah untuk mempersiapkan persaingan tersebut. 

Selamat mencoba dan semoga beruntung. 




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url