Tips Mahasiswa Baru Agar Tidak Menyesal Selama Kuliah

 tips untuk mahasiswa baru agar tidak menyesal

Diterima sebagai mahasiswa baru di sebuah Perguruan Tinggi (PT) adalah sebuah kebanggaan yang patut dirayakan dan disyukuri. Tak banyak orang-orang yang berkeinginan melanjutkan pendidikan tinggi, tetapi terhalang oleh biaya maupun oleh faktor lainnya. 

Setelah terpilih menjadi seorang mahasiswa, kamu bukan berarti selesai dalam berjuang dan terlalu larut dengan eforia mahasiswa baru. Justru dengan menjadi mahasiswa baru, ini adalah pintu pertama perjuangan yang harus dilalui. Dan banyak yang mengakui, bahwa jalan ini tak mudah. 

Sehingga, kamu harus pandai-pandai untuk mengelola masa kuliahmu dengan baik dan maksimal. Apabila kamu tidak dapat memanajemen dengan baik, maka kamu harus bersiap dengan sebuah kegagalan yang mungkin sulit untuk diulang kembali. 

Mengapa menjadi mahasiswa tak mudah? 

Mungkin di pikiranmu sekarang adalah mengapa seolah-olah kuliah dan menjadi mahasiswa adalah sesuai yang cukup sulit dilalui. 

Setiap jenjang pendidikan akan selalu mengalami peningkatan kesulitan setiap naik ke tingkat yang lebih tinggi. Misalnya dari SD ke SMP. Materi pembelajaran di SMP jauh lebih sulit dibandingkan dengan materi pembelajaran di SD. 

Begitupun di bangku kuliah, materi dan proses pembelajarannya pun jauh lebih sulit dibandingkan saat di sekolah menengah. Lebih banyak tantangan yang harus dilalui dan yang tidak didapat selama sekolah menengah. 

Selain sulit, masuknya, menjadi mahasiswa juga sulit untuk keluarnya. Ungkapan ini mungkin sudah tak asing di telingamu. Karena memang pada jurusan atau kesempatan tertentu, untuk dapat masuk ke jurusan tertentu harus menggunakan tenaga dan pikiran yang tidak sedikit. 

Saat hendak keluar atau lulus pun harus mengeluarkan tenaga dan pikiran yang ekstra. Karena saking sulitnya sebuah perjuangan untuk dapat keluar. 

Agar proses kuliahmu lancar dan minim hambatan, banyak yang harus dipersiapkan sedini mungkin sejak berstatus sebagai Mahasiswa Baru (MABA). 

Tips mahasiswa baru agar tidak menyesal selama berkuliah

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan dan dilakukan oleh Mahasiswa Baru agar masa kuliahnya dapat berjalan dengan baik dan memberikan kemudahan di kehidupan setelah kuliah serta tidak menyesal. Yuk simak penjelasan berikut.

1. Baca buku yang berkaitan dengan jurusan sampai tuntas

Membaca adalah aktivitas setiap orang semestinya, tidak hanya bagi mahasiswa. Namun, mahasiswa mau tak mau harus membaca buku sebanyak mungkin dan dibaca sampai tuntas. 

Loh kenapa?

Karena proses pembelajaran di bangku kuliah jauh lebih menuntut kemandirian mahasiswa dalam belajar. Berbeda ketika di bangku sekolah yang materinya banyak diberikan dan dipilih oleh guru sesuai kebutuhan.

Di bangku kuliah kamu harus banyak membaca agar pemahamanmu atas mata kuliah jauh lebih matang. Karena dosen di kelas hanya memberikan sedikit sekali materi dan selebihnya mahasiswa yang mencari lebih jauh dan dalam. 

Jadi jangan sampai kamu di kuliah malas untuk membaca buku, apalagi buku yang sudah dibeli sebelumnya. Jangan sampai hanya jadi tempat bersemayamnya debu-debu di kamar. 

2. Ikut organisasi secukupnya

Berkuliah memang bukan hanya soal belajar di dalam kelas kemudian menyelesaikan tugas-tugas dari dosen dan kemudian selesai. Tidak. 

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa selama berkuliah selain belajar di dalam ruangan, yaitu aktif organisasi. 

Aktif di organisasi akan memberikan banyak manfaat, seperti menambah softskill, relasi, dan kemampuan sosialisasi yang baik. Namun, yang harus jadi catatan adalah jangan sampai kegiatan organisasimu mengganggu tanggung jawabmu sebagai pembelajar. 

Banyak kasus di mana mahasiswa terlalu aktif di dalam organisasi, sampai lupa untuk kuliah. Sampai tidak ikut kelas. Bahkan sampai terlambat lulus kuliah. 

Padahal tujuan utama dari kuliah adalah belajar. Dan dapat menjadi anggota organisasi adalah berkas statusnya sebagai mahasiswa. Jadi tujuan pertama adalah belajar baru kegiatan lainnya, termasuk organisasi. Jangan terbalik. 

Itu yang harus diperhatikan oleh seorang mahasiswa baru.

3. Perbanyak teman

Anjuran untuk memperbanyak teman mungkin bukan sekali dua kali kamu dengarkan. Banyak sekali ajakan untuk memperbanyak teman dalam lingkup apapun.

Begitupun di kuliah, kamu dianjurkan untuk memperbanyak teman. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa proses perkuliah terkadang tak mudah, bahkan justru rumit. Dengan banyaknya teman akan mempermudah kamu untuk menguraikan masalah-masalah kuliah. 

Kamu jangan hanya berdiam diri di kos kemudian balik ke kampus dan begitu seterusnya jangan. Lakukan sosialisasi, karena pertemanan adalah investasi yang akan sangat berguna di masa mendatang yang mungkin kita tidak tahu. 

Jadi pastikan perbanyak teman dan jangan menambah musuh. Seperti kata ungkapan bijak, satu musuh terlalu banyak daripada 1000 teman.

4. Aktif ikut magang

Apabila kamu adalah pembaca setia situs ini kamu pasti sudah membaca artikel tentang Mahasiswa Ikut Magang atau Organisasi. Di artikel tersebut MinSea menjelaskan ke arah mana sebaiknya mahasiswa berlabuh untuk mencari kesibukan, apakah organisasi atau magang. 

Magang adalah aktivitas yang sangat berguna, apalagi setelah lulus nanti. Karena banyak lowongan pekerjaan yang mensyaratkan adanya pengalaman kerja. Dan untuk memenuhi syarat tersebut, magang dapat jadi salah satu pilihan yang tepat. 

Saat magan, kamu akan diajarkan banyak hal di dunia kerja. Kamu akan jauh lebih cepat mengenal dunia kerja lebih dini. Sehingga, persiapan dan kematanganmu jauh lebih baik daripada tidak mengikuti magang.

Saat ini kamu pasti sudah tak asing dengan program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar yang diprakarsai oleh Kemendikbud RI. Salah satu kegiatannya adalah magang. Kegiatan ini dapat kamu jadikan sebuah pilihan yang tepat agar kamu lebih mempunyai pengalaman yang bermutu. 

Keseimpulan

Kembali MinSea tekankan, bahwa menjadi mahasiswa bukanlah suatu hal sepele, tapi bukan berarti mustahil untuk ditaklukkan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar masa kuliahmu tidak sia-sia dan kamu tidak menyesal setelah selesai kuliah nanti. 

Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url