Tutorial Tepat Beli E-Materai Untuk CPNS 2023 100% Work

Penggunaan materai adalah untuk pajak dokumen. Dokumen yang dikenai pajak biasanya adalah dokumen perjanjian, dokumen pernyataan untuk pendaftaran CPNS, dan lain-lain. Jadi, dokumen yang dipergunakan materai di dalamnya dapat dijadikan alat bukti atau keterangan. Seiring berkembangnya waktu materai yang sebelumnya berbentuk fisik, saat ini berbentuk digital yang biasa dikenal dengan istilah e-materai. Adapun yang bertugas untuk mengadakan, mendistribusikan, dan menjual materai dan e-materai adalah Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) yang notabene adalah sebuah BUMN. Sehingga, untuk membeli e-materai dapat dibeli secara langsung di PERURI.

Harga e-materai dan materai terbaru adalah Rp10.000 sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.03/2021.

E-materai untuk apa?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa e-materai adalah bentuk digital atau elektronik dari materai yang telah kita kenal sebelumnya. Materai berfungsi sebagai pajak atas suatu dokumen. Adapun dokumen yang dikenai pajak materai adalah (1) dokumen yang dibuat untuk menerangkan mengenai suatu kejadian yang bersifat perdata (contoh: surat perjanjian, dokumen transaksi surat berharga, dokumen lelang, dan lain-lain) dan (2) dokumen yang digunakan sebagai alat bukti di pengadilan.1

Nah, jika dokumen yang kamu buat ternyata harus menggunakan materai atau e-materai, maka kamu harus membubuhi dokumenmu dengan materai.

Bagaimana cara membeli e-materai

Seperti halnya disebutkan sebelumnya bahwa yang bertugas mendistribusikan dan menjual materai dan e-materai adalah salah satunya adalah Peruri.2 Untuk dapat melakukan pembelian ke Peruri secara langsung Anda dapat mengunjungi situs Peruri Digital Security.

Namun, sayangnya saat ini sedang memasuki masa-masa pendaftaran CPNS dan Calon PPPK. Beberapa syarat di antaranya adalah dokumen dengan dibubuhi e-materai. Banyaknya pendaftar dan akses secara bersamaan terhadap situs penjualan milik Peruri mengakibatkan situs sempat down. Akhirnya proses pendaftaran terhadap karena situs yang tidak kuat menampung banyaknya pengunjung.

Dikutip dari situs resmi Peruri.co.id, saat ini Peruri telah bekerja sama dengan beberapa distributor untuk memudahkan penjualan e-materai. Distributor tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. PT Peruri Digital Security melalui https://e-meterai.co.id/;
  2. PT Finnet Indonesia melalui https://finnet.e-meterai.co.id/;
  3. PT Mitra Pajakku melalui https://e-meterai.pajakku.com/;
  4. PT Mitracomm Ekasarana melalui https://mitracomm.e- meterai.co.id/;
  5. Koperasi Pegawai Swadharma melalui https://swadharma.e- meterai.co.id/.

BACA JUGA: 5 Tips Buat Kamu yang Tidak Lulus Masuk PTN

Itu adalah postingan di web Peruri pada tahun 2022. Saat ini setelah saya cek di situs Detik.com, ternyata situs pembelian e-materai lebih banyak.

  1. Materai Online malalui https://meteraionline.id
  2. E-Materai Live malalui https://e-meterai.live
  3. Toko Gramedia melalui https://www.tokogramedia.com/e-meterai
  4. Skill Academy melalui https://skillacademy.com/e-meterai
  5. Emet melalui https://emet.id/
  6. Paper melalui https://www.paper.id/e-meterai.php
  7. Makari Sign melalui https://mekarisign.com/id/fitur/e-meterai/
  8. Singing melalui www.signing.id
  9. Digidoku melalui www.digidoku.id
  10. Dimensy melalui https://dimensy.id/easy-dimensy/
  11. Sing it melalui sign-it.id
  12. Pastisah melalui https://pastisah.id/

Itulah beberapa tempat beli materai yang dapat digunakan untuk keperluan pendaftaran CPNS atau PPPK.

Tutorial beli e-materai atau materai elektronik

Dalam artikel ini saya coba contohkan dengan melakukan pembelian melalui Skill Academy.

1. Langkah pertama adalah lakukan pendaftaran akun melalui https://skillacademy.com/e-meterai

2. Masukkan nama lengkap, email, nomor telepon, dan buatlah kata sandi. Kemudian klik daftar.

3. Kemudian login/masuk menggunakan akun yang telah didaftar sebelumnya.

4. Kemudian pilih “Beli E-materai” di bagian Program dan Fitur Unggulan. Selanjutnya pilih lagi “Beli E-Materai”.

Skill academy

5. Setelah itu akan muncul banyak paket pembelian e-materai. Silahkan Anda pilih hendak membeli berapa, maka akan muncul harga yang harus dibayarkan.

Cara beli e materai

6. Selanjutnya lakukan pembayaran sesuai harga yang tertera dengan metode pembayaran yang telah dipilih. Anda juga dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan QRIS. Sehingga, proses pembayaran akan jauh lebih mudah.

Cara membubuhkan atau memasang e-materai

1. Setelah melakukan pembelian e-materai, kembali ke homepage dan pilih “Beli E-materai”.

2. Selanjutnya pilih bagian “E-materai Saya”.

E materai saya

3. Pilih “Upload Dokumen” dan pilih dokumen yang akan dipasang atau dibubuhi e-materai. Pastikan file yang Anda unggah benar dan tidak salah pilih. Selain itu, pastikan sudah tidak ada bagian yang salah dari dokumen yang akan diisi e-materai. Karena apabila salah tidak dapat dilakukan ulang. Melainkan harus membeli e-materai lagi.

4. Selanjutnya klik “Tambahkan E-materai Pada Halaman ini” nanti akan muncul e-materai di dokumen yang akan dipasang.

Menggunakan E-materai
Sumber: Bantuan Skill Academy

5. Kemudian klik dan tahan untuk menggeser e-materai untuk meletakkan pada posisi yang diinginkan. Anda juga bisa mengklik “Preview Pembubuhan E-materai” untuk melihat dokumen yang akan dibubuhi.

Membubuhi E-materai
Sumber: Bantuan Skill Academy

6. Selanjutnya adalah klik “Bubuhkan E-materai” dan nantinya akan muncul klik “donwload” untuk mengunduh dokumen yang telah dibubuhi e-materai.

Bubuhkan e-materai

Donwload Dokumen e-materai

Catatan: Saya peretegas lagi, e-materai hanya dapat digunakan 1 kali untuk 1 dokumen. Sehingga e-materai yang telah digunakan tidak dapat digunakan lagi dan otomatis hilang dari e-materai yang Anda miliki. Oleh karenanya pastikan dokumen yang unggah sudah benar dan ketika memasang e-materai tidak salah posisi.

Dan pastikan posisi e-materai tidak menindihi tanda tangan. Umumnya disebelah kiri tanda tangan.

Contoh e materai
Sumber: Youtuber #ASNPelayanPublik

 

Itulah tutorial singkat cara membeli dan memasang e-materai di Skill Academy. Cara ini dapat Anda gunakan untuk keperluan pendaftaran CPNS.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url