11 Jurusan Kuliah Yang Gampang Cari Kerja

Jurusan kuliah yang gampang cari kerja

Jurusan kuliah yang gampang cari kerja adalah suatu hal menarik diperbincangkan bagi siswa-siswi SMA/SMK/Sederajat. Karena siswa-siswi tersebut sudah saatnya untuk memilih jalan melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi yaitu, Perguruan Tinggi.

Untuk mencapai perguruan tinggi, bukan suatu hal yang mudah, karena perlu usaha dan tekad yang kuat. Banyaknya pesaing dan jumlah perguruan tinggi yang terbatas jelas menjadi salah satu alasan mengapa impian ini tidak begitu mudah.

Namun, ada satu hal yang patut dipikirkan olehmu jika kamu adalah siswa-siswi SMA/SMK/Sederajat, yaitu memilih jurusan kuliah yang cocok. Untuk memilih jurusan kuliah yang pas tidak hanya dilihat kamu minat atau tidak. Lebih dari itu, kamu harus melihat perkiraan pesaingmu dengan acuan jumlah pendaftar tahun lalu. Dan tak kalah pentingnya juga adalah memilih jurusan kuliah yang gampang buat cari kerja.

Mengapa harus memilih jurusan yang mudah untuk mencari kerja? Jawabannya sederhana yaitu untuk memudahkanmu mendapatkan tempat kerja ketika setelah lulus nanti. Tak dapat dipungkiri, setelah kamu kuliah pasti harapannya mendapatkan pekerjaan dengan mudah dan gaji sesuai yang diimpikan.

Nah, untuk itu artikel ini cocok untuk kamu yang sedang bimbang dan galau. Berikut adalah jurusan kuliah yang mudah untuk mencari kerja.

1. Jurusan Hukum

Di urutan pertama adalah jurusan hukum. Jurusan hukum saat ini banyak diminati kalangan mahasiswa, karena berita tentang hukum bertebaran di media elektronik. Namun, siapa sangka jurusan ini selain banyak peminatnya, juga memiliki prospek kerja yang cukup baik.

Lulusan hukum akan sangat dibutuhkan pada semua perusahaan, bahkan instansi pemerintah. Sebabnya tidak lain adalah karena semua kegiatan manusia bersinggungan dengan hukum.

Perlu diketahui, bahwa dalam 1 perusahaan terkadang lulusan hukum tidak hanya ditempatkan di bagian Legal atau bidang hukum. Melainkan juga di bidang Human Resource.

Jika kamu ingin cek, saat ini banyak profesi atau pekerjaan yang mensyaratkan hanya jurusan hukum yang dapat menempati posisi tersebut. Misalnya, pengacara, hakim, dan jaksa. Profesi tersebut hanya dapat diisi oleh lulusan hukum.

Bayangkan saja, dengan jumlah lowongan yang banyak, lowongan tersebut hanya dapat diisi oleh lulusan hukum saja. Sehingga, dengan begitu kamu akan jauh lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Selain itu lulusan jurusan ini memiliki gaji yang besar.

Menarik bukan?

2. Jurusan Manajemen

Jurusan atau program studi (prodi) yang memiliki prospek kerja yang menggiurkan selanjutnya adalah manajemen. Manajemen merupakan jurusan yang umumnya ada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Jurusan ini memang banyak pesaingnya ketika kamu mau masuk. Tapi kamu jangan khawatir, ketika kamu lulus dari jurusan ini maka akan mendapatkan kemudahan mencari kerja. lho kok bisa?

Karena jurusan ini diajarkan bagaimana mengatur keuangan, bisnis, bahkan juga karyawan di sebuah perusahaan. Saat ini ada banyak sekali perusahaan dan pastinya membutuhkan ahli manajemen yang baik dan mumpuni.

Contoh pekerjaan di bidang manajemen adalah peneliti bisnis, Human Resource, dan konsultan bisnis.

3. Jurusan Akuntansi

Sama halnya dengan jurusan Manajemen, Akuntansi berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pesaing di jurusan ini juga tidak kalah ketatnya, karena memang jurusan ini termasuk jurusan yang sangat dibutuhkan era sekarang.

Semua perusahaan dan juga instansi pemerintah pasti menginginkan kekuasaan lembaganya terkendali dan seimbang. Nah lulusan akuntansi biasanya banyak disalurkan pada posisi pekerjaan-pekerjaan yang memiliki tugas pokok seperti itu.

Jurusan ini akan tetap dibutuhkan bahkan sampai 5 tahun ke depan, karena perkembangan dunia usaha semakin cepat dan kebutuhan akan konsultan akuntan semakin tinggi.

Jadi, buat kamu yang ingin memilih jurusan yang gampang cari kerja, akuntansi adalah salah satunya.

4. Jurusan Kuliah Kedokteran

Siapa yang tak tahu dengan profesi dokter. Profesi yang sangat dibutuhkan di penjuru atau pelosok mana pun. Hal ini dikarenakan tugas yang besar dan terbatasnya jumlah orang yang berprofesi sebagai dokter.

Kamu yang memiliki jiwa suka menolong dan ingin bergerak di dunia kesehatan, jurusan kuliah dokter dapat kamu pilih. Dokter dapat bekerja di rumah sakit swasta maupun negeri.

Memang tak mudah untuk menjadi mahasiswa kedokteran. Pada saat proses masuk saja, kamu harus bersaing dengan banyak orang dengan kapasitas daya tampung yang sedikit. Belum lagi, pesaingmu tidak sedikit yang memiliki kapasitas yang cukup baik.

Tapi jangan khawatir, semua bisa dipersiapkan sedini mungkin agar peluang diterima semakin tinggi. Selain itu proses lapangan kerja yang sangat luas dapat kamu jadikan sebagai pemacu untuk berusaha mencapai impian ini.

5. Jurusan Teknik Industri

Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar kata jurusan teknik? Membangun gedung? Ngecor semen? memperbaiki mesin? Semua itu tidak salah. Tapi kurang tepat ketika membahas jurusan Teknik Industri.

Program Studi Teknik Industri memang merupakan yang ada di Fakultas Teknik. Tapi jurusan ini cukup unik. Di jurusan ini kamu juga akan diajarkan tentang manajemen perusahaan. Sehingga, bisa dibilang jurusan ini sedikit berbeda dengan jurusan teknik lainnya.

Jurusan ini pastinya sangat dibutuhkan perusahaan. Misalnya sebagai konsultan bisnis. Kamu harus coba.

6. Jurusan Teknik Informatika

Apabila kamu bertanya jurusan kuliah apa yang paling dibutuhkan dunia kerja untuk masa mendatang, maka jawaban yang tepat adalah jurusan Teknik Informatika.

Di dalam jurusan Teknik Informatika kamu akan diajarkan tentang bagaimana membuat aplikasi, website, dan masih banyak lagi.

Pekerjaan ini tentu sangat dibutuhkan. Karena saat ini kita sedang memasuki era digital. Semua kegiatan jika dapat didigitalkan, ya jadi digital.

Prospek kerja jurusan ini tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Kamu bisa cek di situs freelancer, maka kamu akan temukan banyak sekali project yang relevan dengan jurusan ini.

Sehingga, bisa dikatakan jurusan ini menjadi jurusan yang sangat cocok buat kamu yang ingin kerja dari rumah dengan gaji dolar.

7. Jurusan Desain Komunikasi Visual

Kamu sering scroll sosial media? atau sering makan jajan kemasan? Untuk membuat semua itu membutuhkan keahlian desain. Untuk belajar desain, kamu bisa memilih jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Dari struktur katanya saja kita sudah dapat menangkap apa yang akan dipelajari pada jurusan ini. Desain adalah sebuah desain, komunikasi artinya mengomunikasikan sesuatu, dan visual adalah sesuatu yang dapat dilihat oleh pancaindra. DKV artinya mengomunikasi suatu pesan melalui desain visual.

Nah sama halnya dengan jurusan Teknik Informatika. Prospek kerjanya kebanyakan pekerjaan kekinian. Selain itu, lapangan kerjanya tidak hanya dalam negeri, melainkan juga luar negeri.

Silahkan saja, kamu cek di website freelancer seperti Fiverr, Sribulancer, UpWork, dan sebagainya berapa banyak permintaan pekerjaan desain. Pastinya sangat banyak.

Kamu bisa kerja dari rumah, tapi uang terus mengalir. Jadi ini sangat cocok buat kamu yang memiliki jiwa introvert.

8. Jurusan Psikologi

Kalau kamu Gen Z atau Millenial pasti sudah tak asing dengan istilah Mental Health atau kesehatan mental. Saat ini masalah ini banyak didiskusikan. Karena saat ini banyak orang yang diduga menderita gangguan kesehatan mental.

Dikutip dari Halodoc, penderita gangguan kesehatan mental bisa saja melakukan percobaan bunuh diri. Dari sini dapat dilihat bahwa masalah ini adalah salah satu masalah yang serius dan tidak bisa lagi dianggap remeh.

Untuk penderita biasanya akan menghubungi atau mendatangi psikolog. Psikolog tentunya lulusan jurusan psikologi.

Dengan banyaknya kasus gangguan kesehatan mental saat ini, tak heran apabila permintaan atas layanan psikologi kian meningkat. Apalagi adanya kesadaran bahwa mengadu ke psikolog adalah sebuah hal yang penting.

Jadi buat kamu yang ingin memilih jurusan yang cepat mendapatkan pekerjaan, jurusan psikologi adalah salah satu pilihan yang tepat.

9. Jurusan Statistika

Jurusan kuliah yang gampang cari kerja selanjutnya adalah jurusan statistika. Di bidang apapun pasti membutuhkan orang yang paham akan statitika. Misalnya di bidang bisnis, data statistik, dan lembaga negara.

Lulusan statistika dibutuhkan karena perlu adanya kemampuan pembacaan, analisis, evaluasi dari sebuah data. Sehingga, banyaknya kebutuhan di lapangan dan sedikitnya jumlah perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini, statisika menjadi salah satu jurusan yang sangat patut dicoba.

Dengan sedikitnya pesaing dan banyaknya permintaan, maka kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang kamu harapkan.

10. Jurusan Pendidikan

Jurusan yang sangat diminati dan memiliki prospek kerja yang baik selanjutnya adalah jurusan pendidikan. Semua orang berhasil mendapatkan pekerjaannya tidak lepas dari peran seorang pengajar.

Ketika kamu mendengar jurusan pendidikan, mungkin terpikir di benakmu bahwa pekerjaan di bidang pendidikan tidak mensejahterakan. Karena gaji yang didapat tidak banyak. Di beberapa tempat memang saat ini masih demikian.

Tapi jangan khawatir, permintaan akan tenaga pengajar tetap di angka yang tinggi. Dikutip dari Serambines.com, formasi ASN 2023 didominasi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan yaitu 80%.

Permintaan akan tenaga pendidik yang tinggi tersebut dapat menjadi alasanmu untuk memilih jurusan pendidikan.

11. Jurusan Sastra

Jurusan sastra adalah salah satu jurusan kuliah yang menarik untuk dipilih. Karena jurusan ini tak banyak peminatnya dan memiliki prospek kerja yang cukup baik.

Prospek kerja untuk lulusan ini misalnya, menjadi jurnalis, editor, penulis, penerjemah, penulis konten, copywriter, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang suka akan dunia sastra dan bahasa, jurusan ini adalah jurusan yang tepat buatmu. Selain cukup sepi peminat, jurusan ini cukup gampang untuk cari kerja.

Penutup

Setiap jurusan kuliah pastinya memiliki prospek masing-masing. Buat kamu yang bimbang dalam memilih jurusan kuliah, informasi di atas dapat kamu jadikan pertimbangan untuk memilih jurusan yang mudah untuk cari kerja.

Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url