5 Rekomendasi Buku Wajib Dibaca Untuk Menambah Wawasan

Setiap orang agar menjadi manusia yang terdidik, ia harus disiplin dalam membaca buku. Kamu ingin menjadi penulis, kamu wajib membaca. Kamu ingin menjadi jurnalis, kamu wajib membaca. Kamu ingin menjadi pengacara yang handal, kamu wajib membaca. Kamu ingin menjadi guru yang baik, kamu harus membaca. Kamu ingin jadi freelancer, wajib baca buku. Siapapun kamu, kamu wajib membaca buku, terutama rekomendasi buku yang baik dan menambah wawasan.

Membaca adalah salah satu rangkaian dari proses belajar. Dari membaca merangsang otak untuk berpikir. Proses berpikir melatih daya kritis. Sehingga, memang mau siapa pun dan mau jadi apa pun kamu harus membaca agar wawasanmu luas. Agar kamu mudah mencari jalan keluar atas setiap masalah. Agar kamu lebih terdidik tentunya dalam hidup.

Tapi memang ada banyak alasan untuk tidak membaca. Alasan yang lazim dan dilazimkan adalah karena sibuk.

Ya sibuk, memang tidak dapat dipungkiri setiap orang memiliki kesibukan. Apalagi orang-orang yang mengharuskan berpikir cara agar esok hari tetap bisa makan. Sehingga memang, alasan sibuk sangat relatif tergantung sibuk akan hal apa.

Namun, untuk kamu yang suka membaca buku dan tentunya memiliki kesempatan dan waktu luang untuk membaca buku, cobalah untuk terus konsisten membaca agar wawasan terus terjaga dan terus semakin bertambah.

5 Rekomendasi Buku Menambah Wawasan

Kamu bisa coba membaca buku yang menambah wawasan pengetahuanmu. Berikut adalah beberapa rekomendasi buku wajib yang cocok untuk kamu yang ingin menambah wawasan.

1. Madilog oleh Tan Malaka

Rekomendasi Buku menambah wawasan madilog

Buku pertama yang saya rekomendasikan adalah buku karya Tan Malaka bernama Madilog. Madilog sendiri merupakan singkatan Materialisme Dialektika Logika.

Perlu juga diketahui tentang penulis buku ini. Tan Malaka adalah tokoh pertama yang mengenalkan konsep Republik Indonesia melalui bukunya Naar de Republiek Indonesia pada tahun 1925.

Buku Madilog ini sempat dilarang untuk beredar sebelumnya. Dengan membaca buku ini, akan melatih kemampuan berpikir yang lebih rasional dan kritis. Membaca buku ini tentu selain memberikan keterampilan berpikir yang lebih rasional juga akan menambah wawasan.

Apabila kamu tertarik dengan buku ini, kamu bisa langsung KLIK DI SINI.

2. Api Sejarah oleh Ahmad Mansur Suryanegara

Rekomendasi Buku menambah wawasan Api Sejarah

Cara paling ampuh untuk menambah wawasan adalah membaca buku sejarah. Dengan membaca buku sejarah akan membuka cakrawala pengetahuan kita akan suatu peristiwa penting yang terjadi di masa lalu.

Dengan belajar sejarah juga akan memberikan pelajaran penting yang dapat diaplikasikan pada kondisi saat ini. Apabila kamu menguasai sejarah, maka kamu akan terlihat memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas.

Apalagi membaca buku sejarah yang mainstream. Nah, buku sejarah yang gak mainstream salah satunya adalah buku Api Sejarah karya Ahmad Mansur Suryanegara.

Buku ini mengklaim bahwa di dalamnya memuat peristiwa-peristiwa sejarah yang disembunyikan atau tersembunyi. Buku ini juga mengklaim berisi peristiwa yang jarang terungkap.

Jadi buku ini sangat cocok buat kamu yang ingin menambah wawasan sejarah. Apalagi sejarah yang disajikan tidak banyak disajikan di buku-buku lainnya, termasuk buku sejarah di sekolah.

Buku ini terdiri dari 2 jilid. Jilid pertama buku Api Sejarah 1 dengan cover berwarna hitam dan jilid kedua buku Api Sejarah 2 dengan cover berwarna merah.

Buku ini jelas sangat menarik buat pencinta sejarah dan suka akan hal baru. Jika kamu tertarik bisa KLIK DI SINI.

3. The 48 Laws of Power oleh Robert Greene

rekomendasi buku menambah wawasan the 48 law of powers

Buku selanjutnya adalah buku bernama The 48 Laws of Power atau yang bisa diartikan 48 hukum kekuasaan. Buku ini beberapa waktu terakhir sangat populer dan sangat banyak penjual yang menjajakan buku ini.

Di platform TikTok sudah cukup banyak yang mereview buku dengan cukup baik. Ulasan isi buku ini juga cukup baik. Banyak orang yang cukup puas dengan muatan buku ini.

Buku ini adalah hasil karya Robert Greene. Robert Greene adalah penulis buku asal Amerika Serikat. Terdapat beberapa karya yang berhasil ditelurkan. Salah satu karya yang fenomenal dan menarik untuk dibaca adalah bukunya yang berjudul The 48 Laws of Powers.

Buku ini jika saya gambarkan berisi prinsip-prinsip yang dapat jadi pegangan untuk mempengaruhi sekitar dan meraih kekuasaan dalam kehidupan sehari-hari. Cukup menarik memang, terutama kamu yang ingin menjadi politisi atau mungkin juga pembisnis, buku ini sangat cocok kamu baca agar lebih gesit untuk mendominasi pengaruh.

Salah satu ini yang menurut saya cukup menarik perhatian dari buku ini adalah aturan jangan terlampau sering tampil. Berdasarkan penangkapan pemahamana saya, prinisip ini menganjurka kita untuk tidak terlalu sering tampil di hadapan orang untuk menunjukkan bahwa kita berharga.

Dengan tidak hadirnya kita pada suatu kesempatan membuat kita jauh lebih dihormati orang lain. Karena ini menurut saya, menunjukkan otoritas kita terhadap orang lain.

Buku ini sekali lagi cocok untuk siapapun yang ingin mempunyai keterampilan untuk memperngaruhi dan mendapatkan kekuasaan. Terkhusus buat para politisi dan pengusaha ini adalah buku cocok dan dapat jadi buku pegangan sehari-hari.

Kamu tertarik untuk memiliki buku ini untuk menambah wawasanmu, kamu bisa KLIK DI SINI.

4. Sapiens oleh Yuval Noah Harari

Rekomendasi Buku Sapiens

Sejarah manusia menjadi bagian penting untuk dipelajari agar dapat memahami sebuah peristiwa masa lampu secara utuh.

Buku selanjutnya adalah Sapiens karya Yuval Noah Harari. Buku ini banyak menarik pembaca karena isinya yang membahas tentang manusia. Buku Sapiens ini menjelaskan tentang sejarang umat manusia dari sebelum pra-sejarah sampai perkiraan peradaban manusia di waktu mendatang.

Yuval Noah Harari menjelaskan dengan pendekatan ilmiah. Sehingga, buku ini dapat menjadi bacaan yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Lebih dari itu, dengan membaca buku ini tentu akan membuka wawasanmu lebih luas dan dapat melihat sebuah permasalahan dengan lebih bijak.

Buku berjudul Sapiens ini sudah banyak dicetak dan tersebar ke penjuru dunia. Selain itu buku ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Kamu yang suka buku dengan buku sejarah, maka buku Sapiens ini sangat cocok untuk kamu.

Apabila kamu tertarik dengan buku Sapiens ini kamu bisa beli dengan KLIK DI SINI.

5. Buku The Visual MBA oleh Jason Barron

Rekomendasi buku menambah wawasan the visual MBA

Rekomendasi buku selanjutnya adalah buku tentang bisnis. Sejak dahulu negara mendorong untuk melahirkan pembisnis-pembisnis agar meberikan ruang lapangan kerja yang lebih besar. Dengan begitu harapannya pengangguran dan kriminalitas akan semakin pupus.

Memang untuk belajar bisnis secara mendalam, sejak dari bangku sekolah dasar samapai sekolah menengah kita semua tidak pernah diajarkan bisnis secara spesifik dan mendalam. Mungkin ketika mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, itu pun hanya belajar yang sifatnya selingan sementara.

Di bangku kuliah kamu akan belajar bisnis mungkin ketika berkuliah di rumpun ekonomi seperti manajemen dan akunstansi. Selebihnya tidak ada pelajaran pengembangan bisnis secara mendalam.

Tapi jangan khawatir, buat kamu yang ingin mempelajari tentang bisnis dengan latar belakang yang awam, kamu bisa coba baca buku karya Jason Barron yang berujudul The Visual MBA.

Buku The Visual MBA ini sebenarnya adalah hasil resume penulis selama 2 tahun belajar pada jenjang pendidikan S2 MBA (Master of Business Administration) di Brigham Young University.

Buku ini menjelaskan tahapan-tahapan memulai bisnis dengan tepat. Lebih dari itu buku ini disajikan seuai dengan judulnya yaitu secara visual. Pembaca akan dimanjakan dengan visual-visual yang diberikan agar mudah dipahami dan tidak cepat bosan.

Apabila kamu tertarik dengan buku ini, kamu bisa KLIK DI SINI.

Itulah beberapa rekomendasi buku yang dapat kamu baca agar cakrawala wawasanmu semakin luas. Selamat mencoba.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url