Program Kerja KKN yang Menarik dan Unik

program kerja kkn

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta. KKN merupakan salah satu bentuk nyata dari pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu poin tri dharma perguruan tinggi.

Mahasiswa yang menjalankan KKN disebar ke berbagai desa. Mahasiswa dituntut untuk mengabdikan dirinya pada masyarakat dengan mengembangkan desa tempat tugasnya. Kemudian, mahasiswa akan tinggal di desa sampai 1 bulan lebih.

Setiap mahasiswa tergabung ke dalam kelompok yang telah ditentukan. Masing-masing kelompok ditempatkan di tempat tugas yang berbeda-beda.

Kelompok tersebut menjadi satuan kerja yang melaksanakan pengabdian di masyarakat. Masing-masing kelompok membuat program kerja yang menarik untuk diaplikasikan di desa. Program kerja tersebut nantinya akan menjadi bahan pertanggung jawaban kepada pihak perguruan tinggi asal.

Namun, tak jarang program kerja yang dilakukan justru tidak menarik sehingga setengah hati dalam melakukannya.

1. Sosialisasi stunting

Saat ini angka kasus stunting di Indonesia masih cukup tinggi. Hal ini tentu tidak lepas dari kurangnya edukasi pada masyarakat untuk mencegah dan meminimalisir angka stunting.

Mahasiswa yang memiliki pengetahuan dari proses belajar di kampus, tentu juga memahami bahaya dan cara mengatasi stunting. Mahasiswa dapat bekerja sama dengan unit kesehatan setempat untuk memberikan sosialisasi stunting kepada masyarakat.

Program ini dapat menjadi program kerja KKN yang dapat menarik minat masyarakat. Dengan sosialisasi yang seperti ini tentu akan memberikan dampak positif dan daya manfaat kepada masyarakat.

2. Melakukan budidaya sayur hidroponik

Kebutuhan akan sayur masyarakat masih tergolong tinggi. Minat konsumsi sayur juga masih banyak di kalangan masyarakat.

Salah satu budidaya sayur yang praktis adalah budidaya sayur hidroponik. Tidak sulit dalam pengelolaannya.

Budidaya sayur dengan cara ini tidak banyak menguras kantong. Tetapi wujud yang dihasilkan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Mahasiswa dapat menjadikan budidaya sayur hidroponik ini sebagai salah satu program kerja KKN-nya. Dengan bekerja sama dengan otoritas setempat, masyarakat dapat membangun budidaya sayur hidroponik.

Hasil dari budidaya sayur hidroponik tersebut dapat dikonsumsi bersama dengan masyarakat setempat.

3. Membuat bank sampah

Program kerja yang memberikan dampak dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat adalah harapan setiap mahasiswa KKN. Salah satu kegiatan yang dapat kamu jadikan sebagai program kerja KKN adalah membuat bank sampah.

Setiap rumah hampir selalu menghasilkan sampah baik organik maupun non-organik. Walaupun di desa, kuantitas sampah hampir sama banyaknya dengan sampah di kota. Sehingga, ini merupakan masalah yang hampir terjadi di setiap tempat.

Bank sampah dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Mahasiswa KKN dapat membangun tempat penampungan sampah.

Dengan begitu juga, dapat mengurangi jumlah sampah yang tidak dibuang pada tempatnya. Alhasil dapat mengurangi dampak negatif dari sampah.

4. Sosialisasi menangkal informasi hoax di era digital

Era yang banjir akan informasi ini keterampilan nalar untuk menghalau informasi yang tidak benar adalah suatu hal yang patut dimiliki. Tidak sedikit informasi hoax menimbulkan masalah yang lebih besar bahkan sampai terjadinya konflik sosial.

Untuk menghadapi masalah tersebut, mahasiswa KKN dapat menjadikan program sosialisasi menangkal informasi hoax. Program ini dapat dilakukan dengan cara bekerja sama dengan otoritas setempat.

Harapan dari program ini tentunya masyarakat semakin teredukasi dalam memilah informasi yang bertebaran di internet saat ini.

Demikian program kerja yang dapat kamu coba pada kegiatan KKN di tempat tugasmu. Semoga dapat menjadi sumber referensi dan inspirasi selanjutnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url