Cara Menggunakan LinkedIn Agar Cepat Dapat Kerja

Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria adalah impian setiap orang. Berbagai cara dilakukan untuk mencari pekerjaan yang sesuai. Namun, saat ini mencari pekerjaan yang sesuai memerlukan usaha yang serius.

Berbagai platform pencari kerja bertebaran di internet. Mulai dari yang sederhana sampai yang paling kompleks dengan fitur yang lebih lengkap. Salah satu situs untuk mencari pekerjaan adalah LinkedIn.

LinkedIn telah menjadi platform yang sangat penting bagi para profesional maupun freelancer dalam membangun jaringan, mencari peluang karier, dan memamerkan keahlian mereka. Membuat profil LinkedIn yang profesional dan menarik adalah langkah awal yang krusial untuk mendapatkan manfaat maksimal dari platform ini. Di bawah ini, kami akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk menggunakan dan membangun profil LinkedIn yang mengesankan.

1. Foto Profil yang Profesional

Foto profil Anda adalah titik awal yang penting dalam membuat kesan pertama yang baik. Pilih foto yang cerah, tajam, dan cocok untuk lingkungan profesional. Hindari foto dengan latar belakang yang berisik atau tidak sesuai dengan suasana kerja. Foto dengan senyuman ramah dan pakaian yang formal sangat disarankan.

Usahakan foto yang Anda gunakan menampakkan wajah secara jelas. Tidak perlu terlalu formal, seperti foto ijazah atau foto formal sejenisnya. Gunakan foto dengan suasana santai, tapi terlihat profesional.

Dengan penggunaan foto profil yang tepat, Anda akan dengan mudah mencitrakan diri sebagai individu yang siap untuk membangun jejaring yang profesional.

2. Judul Profil yang Menarik

Judul profil Anda adalah kesempatan pertama untuk menarik perhatian. Gunakan judul yang mencerminkan pekerjaan atau keahlian utama Anda. Buatlah judul yang jelas dan informatif sehingga orang yang melihat profil Anda dapat segera mendapatkan gambaran tentang apa yang Anda tawarkan.

Untuk memudahkan dalam memilih judul profil, Anda dapat melihat profil yang digunakan orang lain. Dengan melakukan pencarian dan tulis keahlian atau pekerjaan yang sesuai dengan Anda. Setelah itu, Anda akan melihat akun-akun dengan keahlian atau pekerjaan yang sama sesuai dengan pencarian tadi. Lihat akun-akun tersebut sebagai referensi untuk membuat judul profil yang baik.

3. Ringkasan yang Menarik

Ringkasan adalah tempat bagi Anda untuk menunjukkan kepribadian dan tujuan Anda. Tuliskan ringkasan yang menarik dan menggambarkan pengalaman serta tujuan karier Anda. Cobalah untuk membuatnya singkat, namun cukup menggugah minat agar pembaca ingin tahu lebih lanjut tentang Anda.

Ringkasan ini juga menjadi salah satu hal awal yang dilihat orang lain termasuk pencari pekerja. Mulailah dengan mengisi latar belakang pendidikan Anda. Keterampilan apa yang Anda dapatkan dari pendidikan tersebut dan keahlian apa yang Anda miliki saat ini. Setelah itu ceritakan pengalaman Anda yang relevan dengan pekerjaan atau keahlian Anda. Jangan lupa, selain hard skill, tambahkan juga soft skill yang kamu miliki seperti kerja dalam tim dan public speaking.

Perlu juga diupayakan, gunakan bahasa Inggris dalam menulis ringkasan ini. Tentunya dengan tata bahasa Inggris yang baik dan benar.

4. Pengalaman Kerja yang Rinci

Bagian ini adalah kesempatan Anda untuk menjelaskan pengalaman kerja Anda dengan jelas. Tuliskan tanggung jawab Anda, prestasi yang telah Anda capai, dan dampak yang Anda berikan pada perusahaan. Gunakan bahasa yang kuat dan hasil konkret yang dapat diukur.

Pada bagian pengalaman kerja Anda dapat memberikan penjelasan yang lebih rinci dari apa yang telah disebutkan di ringkasan. Anda dapat memberikan keterangan tambahan seperti mulai sejak kapan dan sampai kapan bekerja pada suatu tempat. Selain itu juga dapat menambahkan deskripsi pekerjaan apa saja yang dikerjakan di tempat kerja tersebut. Anda juga dapat menambahkan foto atau gambar pada foto pengalaman kerja.

Ini akan memudahkan HRD/recruiter melihat pengalaman kerja Anda sebelumnya.

5. Pendidikan dan Kualifikasi

Bagian pendidikan juga merupakan bagian penting. Isi riwayat pendidikan dan gelar yang diraih pada jenjang pendidikan. Anda juga dapat memberikan penjelasan pengalaman apa saja yang didapat dari pendidikan tersebut seperti kegiatan kemanusiaan. Sertakan juga keterangan tahun masuk dan tahun kelulusan.

Pada bagian ini, Anda juga dapat melampirkan keterampilan atau keahlian apa saja yang didapat dari tingkat pendidikan tersebut.

Untuk Anda yang baru menempuh pendidikan sampai S1, cukup tampilkan pendidikan dari tingkat SMA/sederajat hingga pendidikan S1. Tidak perlu melampirkan pendidikan dari tingkat dasar sampai menengah pertama.

6. Mendapatkan Rekomendasi

Untuk memudahkan dilirik HRD, Anda dapat meminta rekan kerja, atasan, kolega, atau sejenisnya untuk memberikan rekomendasi pada Anda. Rekomendasi ini berfungsi sebagai penguat atas keterampilan dan keahlian Anda. Hal ini dikarenakan, rekomendasi tersebut berasal dari orang-orang di sekitar Anda atau orang yang pernah bekerja sama dengan Anda.

Itulah beberapa cara menggunakan LinkedIn yang baik dengan memaksimalkan profil Anda. Apabila poin-poin di atas sudah Anda lakukan dengan baik, maka akan membuka peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Selamat mencoba!

 

 

 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url