CARA MUDAH DAN AMPUH FYP DI TIKTOK



Cara FYP di TikTok– Media sosial yang paling banyak digandrungi netizen Indonesia saat ini adalah Tiktok. Menurut data dari Katadata.co.id pengguna TikTok di Indonesia 112,97 juta pengguna aktif. Fakta ini harusnya menjadi ladang basah bagi pegiat media sosial untuk meraup keuntungan.

Banyaknya pengguna juga berdampak terhadap jumlah konten yang diproduksi. Dengan begitu popularitas dari TikTok relatif sulit untuk padam dalam waktu singkat. Sehingga, cocok buat kamu yang mau membangun personal branding atau melakukan penjualan terhadap jasa atau barang yang kamu miliki.

Salah satu ciri khas TikTok adalah algoritma yang merakyat. Kamu tidak perlu memiliki jumlah pengikut yang banyak agar kontenmu dapat ditonton khalayak. Tidak sedikit akun TikTok dengan jumlah pengikut yang sedikit dapat tampil di layar beranda kalian atau yang sering dikenal dengan istilah FYP (For Your Page).

Jadi FYP adalah kondisi ketika konten TikTok yang kamu miliki tayang dan tampil di laman beranda orang lain. Walaupun tergolong merakyat algoritma yang dimiliki TikTok, kamu tetap memerlukan strategi agar kontenmu bisa FYP.

Berikut adalah cara mudah yang dapat kamu lakukan agar kontenmu bisa FYP di TikTok:

1. Upload konten di jam pengguna

Menikmati TikTok merupakan salah satu cara refreshing bagi kebanyakan orang untuk mencari hiburan. Sebagai suatu hiburan, tentunya TikTok tidak selamanya digunakan setiap saat.

TikTok umumnya digunakan saat waktu istiharat. Di waktu istirahat inilah banyak pengguna yang menggunakan TikTok dalam waktu yang bersamaan.

Baca Juga: Perbedaan Microstock dan Macrostock

Dengan banyaknya pengguna pada saat itu, maka sangat memungkinkan konten yang kamu buat dapat dilihat dan dinikmati oleh pengguna TikTok. TikTok akan sangat merekomendasikan kontenmu kepada lebih banyak pengguna. Sehingga, kontenmu bisa FYP.

Adapun waktu yang cocok untuk kamu upload konten adalah

  • Jam 12.00-13.00
  • Jam 16.00-18.00
  • Jam 19.00-21.00

itulah waktu di mana pengguna TikTok meningkat.

2. Gunakan sound yang sedang tren

Konten yang dapat dinikmati dan menghibur adalah kunci penting FYP. Agar kontenmu mudah FYP dan direkomendasikan oleh algoritma TikTok, maka kamu dapat menggunakan sound yang sedang populer.

TikTok memberikan fitur kepada penggunanya untuk dapat melihat konten-konten berdasarkan sound yang sedang digunakan. Kamu bisa melihat konten yang seperti apa yang digunakan pengguna lain dengan sound tersebut.

Kamu juga bisa membuat sound sendiri yang unik dengan mencampur sound yang sedang tren. Kamu bisa edit menggunakan aplikasi CapCut. Syukur-syukur jika sound yang kamu buat bisa menjadi viral di kemudian hari. 

3. Pakai hashtag yang relevan

TikTok merupakan aplikasi canggih. Dari kecanggihan tersebut, fitur hashtag bukan hanya sebagai pelengkap caption. Lebih daripada itu, hashtag memudahkan konten kita ditemukan pengguna lain.

Fitur pencarian di TikTok cukup canggih dibandingkan Instagram. Di TikTok kamu dapat mencari apa pun dengan hasil pencarian yang relevan. 

Di sinilah hashtag kontenmu sangat berguna dan berfungsi. Hashtag memudahkan pengguna TikTok menemukan kontenmu yang relevan dengan pencariannya. 

Untuk menentukan hastag yang sesuai dengan kontenmu, kamu harus mencari serelevan mungkin hashtag yang digunakan dengan kontenmu. Kamu juga dapat menggunakan hashtag generator yang tersedia di internet.

4. Buat Konten yang berkualitas

TikTok adalah media sosial di mana pengguna mencari hiburan. Sehingga agar kontenmu FYP, maka kamu harus membuat konten yang berkualitas.

Indikasi kontenmu berkualitas adalah penonton betah menonton sampai akhir video. Kamu harus bisa membuat penonton nyaman dan merasa harus menonton sampai selesai.

Tentu konten yang paling banyak ditonton sampai selesai adalah konten hiburan dan edukasi. 

Konten yang berkualitas memang memerlukan usaha yang lebih. Jadi kamu harus bersabar dalam proses pembuatan konten yang berkualitas. 

Penutup

Demikian cara mudah agar kontenmu FYP di TikTok. Dengan memperhatikan setiap poin di atas, maka ini menjadi petunjuk buat kamu untuk menjadi content creator TikTok yang handal.  

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url