5 Tips Buat Kamu yang Tidak Lulus Masuk PTN

Menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) merupakan sebuah kebanggaan setiap siswa yang hendak beranjak ke jenjang pendidikan tinggi. Namun, persaingan masuk PTN merupakan persaingan yang sangat ketat. Baik itu melalui Jalur SNBP maupun SNBT.

Daya tampung dan jumlah pendaftar yang selisih jauh menjadi salah satu penyebab banyak siswa harus menerima kenyataan bahwa dirinya tidak lulus dalam seleksi nasional masuk PTN.

Belajar tidak hanya di bangku kuliah, begitu pun juga belajar tidak hanya di PTN. Kira-kira begitulah prinsip yang harus dipegang bagi siswa yang belum lulus masuk PTN. 

Kenyataan tidak lulus masuk PTN memanglah pahit, tetapi tidak ada alasan untuk berhenti belajar dan berjuang untuk meraih kehidupan yang lebih bermartabat. Walaupun kenyataan memang kamu tidak lulus PTN, kamu tidak perlu terlalu berkecil hati. Banyak cara yang dapat kamu lakukan ketika dinyatakan tidak lulus PTN.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan ketika dinyatakan tidak lulus sebagai mahasiswa PTN.

1. Mendaftar di Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa belajar tidak dilakukan di PTN. Terdapat penyelenggara pendidikan tinggi yang dikelola oleh swasta. 

PTS dapat kamu jadikan pilihan ketika kamu dinyatakan tidak lulus masuk PTN. Tidak sedikit PTS yang memiliki kualitas yang cukup baik, bahkan dapat menyaingi PTN. Beberapa PTS terkenal dengan kualitasnya seperti Binus, Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan lain-lain.

Penyelenggaraan PTS dilakukan dengan tidak mengandalkan dana dari anggaran milik negara, melainkan dari swasta. Hal ini mengakibatkan ketika berkuliah di PTS biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal dibandingkan dengan PTN.

Namun untuk menghadapi permasalahan biaya tersebut, kamu dapat mencari beasiswa guna menunjang biaya pendidikan kamu. Tidak sedikit beasiswa yang dapat dipilih bagi mahasiswa PTS. Yang utama dalam hal ini adalah bagaimana keaktifan kamu dalam mencari informasi beasiswa.

2. Mendaftar di Sekolah Kedinasan

Buat kamu yang ingin berkuliah yang dibiayai negara, kamu dapat mencoba sekolah kedinasan. Sekolah kedinasan merupakan jenjang pendidikan tinggi yang lulusannya dapat mengabdi untuk instansi negara tertentu. 

Sekolah kedinasan memiliki seleksi yang cukup ketat dan memiliki daya tarik yang tinggi. Oleh karenanya kamu perlu upaya dan usaha yang serius untuk meraih impian bersekolah di sekolah kedinasan. 

Dengan proses pembelajaran yang telah dilalui untuk masuk PTN, kamu tentu memiliki modal untuk mendaftar di sekolah kedinasan. Sedikit banyak model tes yang diberikan memiliki kesamaan dengan tes masuk PTN. Dengan begitu kamu akan lebih mudah dalam mengerjakan tes tersebut dan memperbesar peluang masuk sekolah kedinasan. 

3. Belajar untuk persiapan masuk PTN tahun depan

Buat kamu yang memilih bermimpi menjadi mahasiswa PTN, tidak ada salahnya terus berusaha dan berjuang untuk mencapai mimpi tersebut. Kamu kembali belajar dengan mengevaluasi proses pembelajaran yang telah lalu. 

Ketika kamu memilih untuk kembali berjuang menjadi mahasiswa PTN, kamu tentu memiliki pengalaman yang lebih banyak dibandingkan peserta tes di masa mendatang. Modal belajarmu juga jauh lebih banyak. Ini akan sangat membuka peluang untuk memudahkan kamu meraih impian kuliah di PTN.

Tidak perlu malu untuk kembali mencoba. Kamu memiliki kesempatan yang jauh lebah banyak dan efektif untuk mempersiapkan tes masuk PTN tahun selanjutnya. 

4. Membuka Usaha atau Bisnis

Setelah jenjang pendidikan menengah atas, tidak sedikit siswa harus bertahan dengan ekonomi yang tidak menentu. Termasuk juga siswa yang tidak lulus masuk PTN. 

Memulai bisnis atau usaha bukanlah pilihan yang buruk. Ini akan membantu kamu lebih mandiri dan berdikari serta lebih bertanggung jawab atas dirimu. Dengan berbisnis kamu akan memiliki pengalaman untuk bertahan dan mencari penghasilan tambahan. Penghasilan tersebut dapat kamu gunakan untuk pendaftaran tes PTN tahun berikutnya atau mendaftar di PTS.

Mulailah bisnis dengan modal yang ringan jika kamu memiliki keterbatasan dana. Belajar sedikit demi sedikit dari pengalaman sebelumnya. Lakukan evaluasi secara berkala untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

5. Belajar Skill Baru Untuk Freelance

Belajar tidak mesti soal akademik. Kamu dapat mempelajari skill atau keterampilan yang memiliki pasar yang cukup besar. Kamu bisa menjual jasa keterampilan yang kamu miliki dengan bayaran setiap proyeknya. Pekerjaan ini dikenal dengan freelance dan pelakunya disebut sebagai freelancer. 

Banyak sekali skill yang bisa kamu coba pelajari, seperti digital marketing, desain, copywriting, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan penawaran proyek, kamu dapat menjual jasamu di situs freelancer seperti Fiverr.

Buat kamu yang tertarik menjadi freelancer kamu bisa mulai coba belajar dari skill yang banyak dibutuhkan saat ini yaitu desain. 

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan ketika tidak lulus masuk PTN. Jangan biarkan kesedihanmu terlalu lama. Manfaatkan waktumu untuk hal-hal yang lebih manfaat untuk hidup yang bermartabat.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url