5 Ide Bisnis Mahasiswa yang Mudah dan Menguntungkan


Bisnis Untuk Mahasiswa

Bisnis untuk mahasiswa semakin hari-semakin banyak diminati dan menjadi topik perbincangan di mana-mana. Hal ini dikarenakan fakta bahwa mahasiswa memerlukan banyak kebutuhan untuk berkuliah, terutama bagi yang sedang merantau. Fakta ini kemudian diperkuat dengan biaya hidup yang semakin tinggi seiring dengan naiknya bahan bakar minyak dan bahan pokok. Menjadi keniscayaan bagi mahasiswa untuk aktif mencari pundi-pundi rupiah.

Masa menjadi mahasiswa merupakan masa yang sangat produktif. Tenaga dan waktu masih cukup banyak serta tanggung jawab tidak begitu banyak. Sehingga, adalah sebuah pilihan tepat memulai bisnis untuk mahasiswa. 

Tak jarang untuk memulai bisnis, mahasiswa mengalami kesulitan mencari modal dan ide bisnis yang cocok. Tapi tenang, kali ini admin sudah merangkum beberapa ide bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan.

Ini beberapa ide bisnis untuk mahasiswa pemula yang menguntungkan:

1. Bisnis Mahasiswa Menjadi Reseller 

Bisnis untuk mahasiswa yang paling mudah adalah menjadi resellerReseller merupakan bisnis yang dilakukan dengan cara membeli atau menyuplai barang dari orang lain kemudian dijual dengan harga yang lebih mahal. Keuntungan yang didapat adalah selisih dari harga jual dan harga beli.

Sobat dapat memulai dengan menjual barang-barang dengan modal yang murah. Kemudian sobat bisa jual di berbagai platform jual beli online seperti, Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, Shopee, Tokopedia, dan lain-lain. Sobat juga dapat menjualnya secara offline dimulai dengan memasarkan ke orang-orang terdekat. Metode ini cukup mudah, jadi sangat cocok buat sobat mahasiswa untuk mencoba.

2. Bisnis Mahasiswa Menjadi Dropshipper

Bisnis untuk mahasiswa yang berikutnya adalah Dropshipper. Dropshipper adalah bisnis yang dilakukan dengan cara memasarkan barang milik orang lain tanpa harus menyetok barang. Kamu tidak perlu menyetok barang yang hendak dijual. Jadi tidak ada modal yang dikeluarkan. Sobat hanya memasarkan produk orang lain, apabila ada pembeli, maka sobat menghubungi penjual dan barangnya langsung dikirim ke pembeli.

Baca Juga: Aplikasi Podcast Terbaik, Cocok Untuk Podcaster Pemula

Bisnis ini salah satu yang paling mudah, Sobat tidak memerlukan modal yang banyak. Sobat cukup memasarkan produk supplier. Bisnis ini jelas sangat cocok buat mahasiswa terutama yang terhalang atau kekurangan modal.

3. Bisnis Jasa Desain

Bisnis yang cocok untuk mahasiswa selanjutnya adalah menjual jasa desain. Untuk yang ini sobat memerlukan keterampilan lebih, yaitu skill desain. Buat sobat yang sudah mahir desain bisa dicoba nih. 

Baca Juga: Situs Donwload Foto HD Gratis Untuk Komersial

Sobat bisa menawarkan kepada teman-teman terdekat atau menawarkan jasa secara online. Untuk pemasaran secara online sobat dapat menjualnya di Projects.co.idFiverrFastworkFreelancerSribulancer, dan lain-lain. 

Jasa desain ini cukup banyak peminatnya baik dari kalangan mahasiswa sendiri maupun dari permintaan pasar secara keseluruhan. Jadi bisnis ini cocok banget buat mahasiswa yang sedang menambah pemasukan.

4. Jasa kursus les

Banyak pengalaman yang didapat semasa kuliah. Agar menjadi bermanfaat tidak ada salahnya untuk membagikan ilmu dan pengalaman yang telah didapat selama ini kepada khalayak. Tidak sedikit orang-orang memerlukan pendampingan untuk mendapatkan pelajaran tertentu, terutama anak-anak sekolah.

Ini menjadi peluang buat sobat untuk menjadi guru les dengan menyediakan layanan pembelajaran. Sobat bisa mencari platform yang mengadakan kursus untuk anak-anak sekolahan.  

5. Bisnis Jasa Penulis Konten

Menulis merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh mahasiswa di bangku perkuliahan. Di samping itu, banyak perusahaan atau perorangan yang memerlukan artikel untuk dimuat di blog-nya. Permintaan ini tidaklah sedikit, Sobat bisa liat di situs freelancer lokal. Banyak sekali permintaan penulis konten. 

Sobat mahasiswa dapat memulai dengan membangun portofolio yang bagus. Kemudian melamar project yang tersedia di situs freelancer yang ada. Jasa ini tidak begitu sulit sehingga tidak akan mengganggu perkuliahan. 

6. Affiliator

Saat ini banyak pelaku usaha yang memerlukan memasarkan produknya baik digital maupun fisik. Nah, sobat dapat membantu pelaku usaha tersebut dengan memasarkan produknya, Sobat cukup menyebarkan link-link affiliate atau media affiliate lain. Apabila ada yang membeli melalui link atau media yang sobat sebarkan, sobat akan mendapatkan komisi.

Bisnis untuk mahasiswa yang ini relatif  sangat mudah. Karena tidak memerlukan waktu banyak. Namun, bisnis ini tetaplah menjanjikan dengan syarat sobat benar-benar memaksimalkan pada tahap pemasaran.

Jadi itu sobat, beberapa jenis bisnis untuk mahasiswa yang sobat mahasiswa bisa coba. Yuk dicoba, untuk menambah pemasukan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url